Ekonomi

Waspada, Pelemahan Rupiah Picu Krisis Moneter

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pemerintah mesti mewaspadai dan mengantisipasi potensi krisis moneter akibat tren pelemahan nilai tukar rupiah belakangan ini. Sebab, apabila kurs mata uang RI itu terus terdepresiasi hingga mencapai level psikologis 15.000 rupiah per dollar AS maka akan berdampak buruk bagi perekonomian nasional.

“Nanti efeknya credit rating kita akan di-downgrade, defisit anggaran melebar, asumsi makro akan berubah dan kepercayaan investor menjadi berkurang, ya bisa mengarah ke tanda-tanda krisis moneter,” papar peneliti Indef, Bhima Yudhistira, di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Dia menjelaskan dalam dua bulan terakhir, nilai tukar rupiah memang mengalami tekanan yang cukup berat karena ekspektasi pasar tentang kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) yang lebih cepat, hingga empat kali dalam tahun ini.

Ini mendorong investor asing keluar dari pasar Indonesia, beralih ke instrumen berbasis dollar AS yang dinilai lebih aman. Selain itu, imbuh Bhima, pergerakan rupiah juga dipengaruhi oleh permintaan terhadap dollar. Dengan defisit perdagangan beberapa bulan terakhir, mengindikasikan permintaan mata uang AS itu meningkat untuk kebutuhan impor.

Jadi, tekanan pada neraca perdagangan itu semakin menggencet posisi rupiah. Sejak awal tahun, dana asing yang keluar dari pasar saham mencapai 14,4 triliun rupiah. Pada awal Januari, rupiah berada di level 13.300 rupiah, kemudian terus terdepresiasi hingga 13.800 rupiah per dollar AS pada awal Maret 2018.

Sementara itu, pada Selasa, kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat penguatan rupiah 0,07 persen menjadi 13.757 rupiah per dollar AS. Bhima menambahkan capital outflow yang semakin deras secara tidak langsung juga mengikis cadangan devisa. Sepanjang bulan lalu, BI telah menggunakan cadangan devisanya sebesar empat miliar dollar AS.

“Bisa dibayangkan, kalau terjadi empat kali kenaikan bunga The Fed. Untuk intervensi kemarin, sebelum kenaikan Fed rate, sudah terkuras empat miliar dollar. Jadi tinggal kalikan saja, empat kali empat, ada 16 miliar dollar AS devisa yang akan terpakai untuk stabilisasi rupiah sepanjang 2018,” kata dia.

Dia pun mengingatkan bahaya terkurasnya devisa yang begitu besar, sebab rasio cadangan devisa terhadap produk domestik bruto (PDB) hanya 14 persen. Rasio itu terendah dibandingkan negara Asia lainnya, seperti Filipina yang mempunyai cadangan devisa 28 persen terhadap PDB, sedangkan Thailand 58 persen.

“Nah, ini kan menentukan seberapa kuat sebenarnya pertahanan moneter kita menghadapi guncangan eksternal. Rasionya semakin kecil, semakin cepat terkuras. Kalau sudah begini, risikonya sangat besar. Krisis moneter! Bisa mengarah ke sana,” kata dia.

Bhima merujuk pada krisis keuangan 1998 yang karena cadangan devisa yang jumlahnya relatif kecil terkuras untuk stabilisasi nilai tukar rupiah. “Akhirnya nggak kuat menahan gejolak tadi.”

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com