News

Idrus sebut tak ada Pungutan dari Program PKH dan PKM

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Sosial Idrus Marham menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) di Kabupaten Sidoarjo untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 41.630 keluarga.

“Bansos PKH dan Rastra yang diserahkan ini gelombang kedua tahap pertama untuk di Jawa Timur PKH berjumlah sebanyak 1.746.401 dan bansos beras sejahtera 2.819.765,” katanya seperti dilansir dari Antara.

Dia mengungkapkan, di Sidoarjo ini untuk PKH berjumlah sekitar 41.630, sementara untuk bansos rastra sekitar 81.063.

“Penyerahan PKH dan bansos rastra di tingkat nasional ini bervariasi, semuanya sudah cukup bagus ada yang sudah 100 persen, ada yang 80 persen, dan ada yang 70 persen dan dipastikan untuk minggu depan Insya Allah mendekati hasil maksimal secara nasional,” jelasnya.

Politisi Golkar ini menjelaskan, setiap penerima PKH dibagi dalam empat tahap, Rp 500 ribu tiga bulan tahap pertama, Rp 500 ribu tiga bulan tahap kedua, dan Rp 500 ribu tahap bulan ketiga dan sisanya untuk tahap keempat.

Program ini sudah berjalan, kata dia, sementara untuk penerima beras sejahtera itu setiap bulannya mendapatkan 10 kilogram. “Tidak ada lagi bayar membayar, tidak ada lagi pungutan. Itu betul-betul untuk di berikan kepada rakyat secara langsung,” ujarnya.

Idrus mengatakan, Presiden Joko Widodo meminta agar program prioritas nasional khususnya yang berada di bawah tugas dan tanggung jawab Kementerian Sosial dikawal dengan serius dan sungguh-sungguh.

“Misalnya bansos PKH per KPM per tahun dicairkan 4 kali dalam setahun maka kenyataan di lapangan juga harus sesuai dengan pedoman itu atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Beras Sejahtera atau Rastra sebesar 10 kg perbulan harus diberikan sejumlah itu tanpa ada potongan,” tutupnya.

To Top