Internasional

6 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik

ILUSTRASI

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Setelah Finlandia, Singapura, dan Belanda, ternyata masih ada beberapa negara lain yang juga dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik. Seperti diketahui, aspek pendidikan menjadi salah satu penunjang daya saing bangsa, terutama terkait sumber daya manusia (SDM).

Mengutip dari laman Bussiness Insider, berikut ini sejumlah negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

Qatar

Berdasarkan laporan BBC pada 2012, dijelaskan bahwa Qatar akan menjadi negara yang paling signifikan dalam inovasi pendidikan. Qatar memperbaiki standar pendidikan sebagai bagian dari visi di program 2030.

Irlandia

Mayoritas sekolah di Irlandia berstatus swasta tapi dimiliki, diatur, dan dibiayai oleh negara. Bagaimanapun, laporan terbaru menunjukkan bahwa Irlandia telah menghabiskan sekira 15% untuk pengembangan.

Estonia

Negara ini menghabiskan sekira 4% dari GDP untuk pendidikan. Tujuan dari pendidikan ini sendiri adalah untuk menciptakan kondisi yang baik dalam pengembangan personal, keluarga, dan negara Estonia sendiri.

Selandia Baru

Ada tiga tipe pendidikan yang tersedia di negara ini. Pertama, sekolah negeri dengan rata-rata 85% siswa; kedua, sekolah negeri yang terintregasi dengan sekolah swasta; dan ketiga, sekolah swasta.

Barbados

Pemerintah di Barbados telah berinvestasi besar-besaran pada pendidikan. Tidak salah jika Barbados menjadi salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

Jepang

Negara yang terkenal dengan manga-nya ini menempati posisi teratas dalam literasi, ilmu pengetahuan, dan matematika. Sehingga wajar jika Jepang dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik.

 

[Okezone]

To Top