Internasional

Ilmuwan Polandia Uji Ventilator Jarak Jauh

Ilustrasi

EDUNEWS.ID – Tim ilmuwan di Polandia merancang ventilator berpengendali jarak jauh. Seperti aneka robot yang banyak dikerahkan ke rumah sakit untuk membantu para petugas medis, ventilator ini diharapkan membantu dokter merawat pasien dari jarak jauh selama pandemi Covid-19.

Ventilator eksperimental “RespiSave” itu sedang diuji keamanannya untuk merawat pasien. Termasuk yang diuji adalah kemampuan ventilator itu memberitahu dokter jika terjadi gangguan pada alat dan kondisi pasien berubah drastis.

“Bila terbukti aman, dokter dapat mengawasi tanda bahaya pasien, memantau kondisi pasien, dan menyesuaikan pengaturan mesin dari mana saja di rumah sakit,” ucap pemimpin proyek RespiSave, Leszek Kowalik.

Seperti diketahui, ventilator menjadi instrumen medis sangat penting dalam merawat pasien Covid-19 yang umumnya mengalami kondisi gagal pernapasan. Masalahnya, dokter dan petugas medis berisiko tertular virus penyebab penyakit itu dari si pasien saat perawatan.

Selain tambahan alat perlidungan diri (APD), muncul harapan penggunaan telemetri yang diperluas. Itu sebabnya proyek RespiSave dijalankan. “Fitur pengendali jarak jauh akan memungkinkan petugas medis mengurangi frekuensi bertemu dengan pasien,” ujar Lukasz Szarpak, penasihat medis proyek.

Leszek Kowalik mengatakan RespiSave akan jauh lebih murah dari ventilator standar. Ini jelas akan membantu banyak rumah sakit di seluruh dunia yang kekurangan ventilator saat wabah virus corona Covid-19 terus menyebar.

Sementara teknologi masih diuji, Szarpak dan Kowalik berharap ventilator rancangan mereka tersedia dalam beberapa bulan ke depan dan pada akhirnya akan dipasarkan secara luas.

tmp

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top