Internasional

Saat ini, 18 ribu Warga Indonesia Tempuh Pendidikan di Jerman

BERLIN, EDUNEWS.ID – Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman Fauzi Bowo, menyampaikan pandangan-pandangannya seputar perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jerman. Fauzi Bowo menuturkan bahwa di bidang pendidikan, sepertiga dari 18 ribu-an warga Indonesia yang ada di Jerman adalah para pelajar. Mereka tersebar di berbagai kota di Jerman.

“Lebih dari lima ribu-an orang adalah para pelajar baik yang ada di sekolah maupun di perguruan tinggi,” ujar Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo dalam sebuah program milik PCI Muhammadiyah Jerman Raya, Pengajian Online Online Uni-Eropa (PENNA) pada Minggu (30/10/2016).

Menurut Foke, ini adalah potensi besar yang dimiliki oleh Indonesia, karena untuk sekolah di Jerman bukanlah hal yang mudah terutama soal bahasa. Maka dari itulah, Presiden Jokowi pada Bulan April 2016 kemarin melakukan kunjungan ke Berlin dan bertemu langsung dengan kanselir serta presiden Jerman guna menjalin kerjasama, yang salah satunya di bidang pendidikan vokasi, salah satu prioritas program era Jokowi-JK.

“Hal yang penting juga adalah, saya sudah minta ke atase pendidikan saya untuk mencatat para ilmuwan Jerman yang pernah menulis tentang Indonesia sebagai disertasi mereka. Orang-orang ini akan kita berikan penghargaan khusus,” pungkas Foke.

 

 

 

To Top