Nasional

ke Makkah, Prabowo, Habib Rizieq dan Amien Rais Bertemu Bahas Capres 2019

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Ketua DPP FPI Habib Muchsin Alatas mengakui pertemuan antara Prabowo Subianto, Habib Rizieq Shihab dan Amien Rais saat umrah di Makkah pada Jumat (1/6/2018).

Ia mengungkapkan pertemuan ketiga tokoh di Tanah Suci ini membahas hasil rekomendasi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) terkait pemilihan presiden (pilpres) 2019.

“Kalau berangkatnya tanggal 1 (Juni) kemarin, sebetulnya tidak ada agenda para tokoh ini. Cuma memang ada keinginan pada umrah saat Ramadhan, kebetulan ada rekomendasi bersama dari Rakornas PA 212 jadi tambah mempercepat ingin bertemu sambil silaturahmi,” ujar Habib Muchsin Alatas kepada wartawan, Sabtu (2/6/2018). 

Muchsin tidak membantah pertemuan salah satu agendanya adalah pembahasan calon presiden (capres) dari hasil rekomendasi rakornas PA 212 yang digelar, Selasa (29/5) lalu. 

Ia mengatakan mungkin pembahasannya masih nama-nama capres hasil rekomendasi Rakornas PA 212 tersebut.

Kelima nama hasil rekomendasi rekornas PA 212 diantaranya Habib Rizieq Shihab, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang Zainul Majdi, Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra dan Ketua umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan.

Akan tetapi, Habib Muchsin mengatakan Habib Rizieq masih enggan dicapreskan. 

“Bahkan Habib Rizieq berkali-kali menyatakan ‘Saya tidak akan nyapres’ dan tidak ingin dicalonkan. Cuma ingin Indonesia ini mempunyai sebuah perubahan pada yang lebih benar dan lebih baik ke depan. Itu saja,” paparnya.

Setelah pertemuan Jumat kemarin, Habib Muchsin mengatakan kemungkinan rencananya akan ada pertemuan kembali antara Habib Rizieq, Prabowo dan Amien Rais di Makkah. Kemungkinan akan dilangsungkan pada malam ini atau besok malam.

Namun Habib Muchsin menegaskan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang dikabarkan juga umrah, ikut hadir bertemu ketiga tokoh ini. 

“Pak Gatot tidak ada dalam pertemuan, hanya HRS, Prabowo dan Amien Rais saja,” jelasnya.

Seperti diketahui, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melaksanakan umrah ke Tanah Suci. Dalam kesempatan itu, Prabowo dan Amien Rais bertemu di depan kabah. Tidak ada pembicaraan politik di antara mereka di pertemuan tersebut.

“Tadi (2 Juni) selepas dini hari waktu Makkah pak Amien dan rombongan sudah selesai umrah. Beliau tetap di Masjidil Haram untuk sholat sunnah dan ibadah lainnya,” kata anggota Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo, Sabtu (2/6).

Sekitar pukul 2 waktu setempat, kata Dradjad, Prabowo menginformasikan kalau bersiap-siap menuju Masjidil Haram untuk memulai thawaf. 

“Beliau berdua (Amien dan Prabowo) bertemu setelah Mas Prabowo selesai sholat sunnah dua raka’at ba’da thawaf,” ungkapnya.

Kata Dradjad, tidak ada pembicaraan politik. Hanya berdoa bersama, saling menanyakan kabar, berfoto dan menunggu sholat Subuh. Beliau berdua dan rombongan kembali ke hotel masing-masing ba’da sholat subuh.

To Top