News

Madrasah Negeri di Mataram ikut UN Berbasis Komputer

ILUSTRASI

MATARAM, EDUNEWS.ID – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram Burhanul Islam memastikan semua madrasah negeri di kota itu menjadi pelaksana ujian nasional berbasis komputer tahun ajaran 2016/2017.

“Jika tahun ini peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dilaksanakan hanya pada tiga madrasah, tahun 2017 bertambah menjadi lima madrasah negeri,” katanya di Mataram, Nusa Tenggara Barat, kemarin (11/11/2016).

Dikatakan, lima madrasah negeri di Kota Mataram yang telah disiapkan menjadi pelaksana UNBK tahun ajaran 2016/2017 adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1, MTsN 2, MTsN 3, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1, dan MAN 2 Mataram.

“Tambahannya adalah MTsN 2 dan MTsN 3, yang tahun ajaran 2015/2016 masih menggunakan ujian nasional secara manual,” katanya.

Menurutnya, persiapan untuk menjadi pelaksana UNBK tahun 2017 bagi MTsN 2 dan MTsN 3 telah dilakukan dengan menyiapkan server yang anggarannya sudah ada dan tinggal dieksekusi tahun depan.

Sedangkan terkait dengan kebutuhan komputer, untuk sementara memang belum dapat dilakukan pengadaan secara massal, akan tetapi kebutuhan komputer akan disiasasti dengan menggunakan komputer milik madrasah, laptop guru, atau bahkan laptop siswa.

Tentunya, sambung Burhanul, dengan melakukan karantina terhadap semua laptop dan komputer di luar milik sekolah guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurutnya, berdasarkan evaluasi UNBK tahun ajaran 2015/2016, hasilnya cukup memuaskan baik dari sisi nilai ujian maupun integritas siswa.

“Anak-anak bahkan cenderung lebih senang menggunakan UNBK, karena dinilai lebih praktis dan lancar,” ujarnya.

Karenanya, ke depan Kemenag Mataram akan melakukan uji coba pelaksanaan UNBK terhadap madrasah swasta yang tidak mampu menjadi pelaksana UNBK.

Misalnya, jika di madrasah negeri UNBK dilakukan dalam tiga shift, maka akan ditambah satu hingga menjadi empat shift.

“Satu sif terakhir dimanfaatkan bagi siswa dari madrasah swasta, dengan demikian semua siswa madsarah bisa ikut UNBK dan lebih efisien dalam pengguanaan alat dan waktu,” ujarnya.

Saat ini, lajutnya, memang tercatat sudah ada tiga madrasah swasata pelaksana UNBK, tiga madsarah swasta itu adalah Abu Hurairah, Al Hidayah dan Darul Falah.

To Top