Nasional

Hari Sumpah Pemuda, Djusman AR : Terus Bergerak Perangi Korupsi

Pegiat Anti Korupsi Djusman AR.

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Tanggal 28 Oktober adalah hari yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Peringatan tersebut untuk mengenang dan menghargai perjuangan para pahlawan/pemuda pendahulu kita saat berkongres.

Kongres Pemuda II yang diselenggarakan 27-28 Oktober 1928, berhasil melahirkan Sumpah Pemuda dengan menyatukan keyakinan para pemuda dari berbagai latar belakang daerah, suku, dan agama. Dengan rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi, para pemuda Indonesia mampu membangkitkan rasa nasionalisme dan kebangsaan.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar hari ini mendapat tanggapan dari sejumlah pihak, salah satunya dari Aktivis Anti Korupsi.

Pegiat Anti Korupsi Djusman AR mengatakan hakikatnya semangat Sumpah Pemuda tidak diperingati sekali dalam setahun, tetapi akan selalu berada dalam jiwa setiap pemuda.

“Hari Sumpah Pemuda sesungguhnya bukanlah setahun sekali, melainkan akan terus ada di setiap hari dalam perjalanan hidup generasi muda Bangsa Indonesia,” kata Djusman kepada wartawan, Kamis (28/10/2022).

Djusman AR yang familiar dengan sapaan Bang Djus dikenal sebagai Aktivis Anti Korupsi yang garang memerangi korupsi.

Eksistensinya tak hanya dalam bentuk upaya penindakan atau pelaporan dugaan perkara korupsi ke lembaga penegak hukum tapi juga bergerak pada upaya pencegahan hingga intens menghadiri undangan sebagai pemateri berkait Anti Korupsi, baik di stasiun TV, Kampus, Birokrasi hingga organisasi kepemudaan dan keormasan.

Diketahui Publik, Djusman mengomandoi beberapa lembaga diantaranya selaku Koordinator Forum Komunikasi Lintas (FoKaL) NGO Sulawesi dan Koordinator Badan Pekerja Komite Masyarakat Anti Korupsi (KMAK) Sulselbar serta Direktur Lembaga Peduli Sosial Ekonomi Budaya Hukum & Politik (LP-SIBUK) Sulsel.

Ia menegaskan sikap pemuda itu pemberani dalam menghadapi tantangan dan tegas dalam mengambil keputusan.

Baca Juga :   BUMN Gelar Mudik Gratis 2024

“Tegas, lugas, dan berani, itulah kita pemuda. Negara ini berdiri karena seluruh pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, pemuda kita akan tetap bersatu,” tegas Djusman AR.

Dirinya mengajak kepada seluruh pemuda di Indonesia untuk menjaga semangat perjuangan para pendahulu, seperti mencegah dan melaporkan tindak pidana korupsi demi bangsa dan negara Indonesia.

“Mari terus menjaga sejarah para pendahulu kita sebagai elemen bangsa yang selalu turun tangan dalam menjawab segala permasalahan bangsa kita. Melawan korupsi dan menciptakan sebanyak-banyaknya karya untuk kejayaan bangsa kita,” ajaknya.

Maka dari itu dirinya mengucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 September 2022.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Terus bergerak memerangi Korupsi. Mari budayakan Anti Korupsi mulai dari diri sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang. Jangan tunda dan jangan pernah diam apalagi berhenti. #SalamPemudaAntiKorupsi,” tutup Djusman AR.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com