Nasional

Menteri ESDM Jonan: Jangan Dipecat, Lebih Baik Gajinya Dibagi Dua Supaya Tak Ada Pemecatan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyarankan para pengusaha tidak memecat pegawai di masa pandemi Covid-19. Sebab, persoalan itu bukan jalan pintas untuk menyelesaikan masalah.

“Tidak ada shortcut. Kalau punya pegawai jangan dipecat, lebih baik gaji dibagi dua. It sharing the pain (berbagi kepedihan),” jelas Jonan dalam diskusi bersama Jaringan Katolik Melawan Covid-19 yang digelar melalui virtual, Sabtu, 13 Juni 2020.

Dia mencontohkan jika ada 100 pegawai dan 50 di antaranya akan dipecat, lebih baik gaji 50 pegawai yang dipertahankan dibagi ke 50 pegawai lain agar tidak ada pemecatan.

Jonan menyebut, pandemi telah berdampak terhadap perekonomian secara global. Bahkan, menyitir pernyataan IMF dan Bank Dunia, ia menyatakan pandemi bisa menyebabkan pertumbuhan ekonomi sejumlah negara mengalami kontraksi.

Menurut dia, di saat-saat sulit ini, masyarakat harus berpikir untuk saling membantu dan membangun perekonomian yang lebih adil. Karena, tutur dia, tidak ada satu orang pun yang bisa memprediksi kapan pandemi berakhir dan ekonomi kembali pulih.

Adapun upaya bahu-membahu tidak harus diwujudkan dalam skala bantuan yang besar.

“Bisa dimulai dari lingkungan kita sendiri. Mengutip Ibu Theresa, jika tidak bisa memberi makan ke 100 orang, kasihlah satu orang,” ujarnya.

 

 

jpn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top