Nasional

Pengawasan Lemah Picu TKA Ilegal Gampang Masuk

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sistem pengawasan yang masih lemah menjadi salah satu penyebab membanjirnya tenaga kerja asing (TKA) ilegal di Indonesia.
“TKA gampang masuk ke Indonesia karena sistem pengawasan yang masih lemah, dan kordinasi antara kementerian dan lembaga juga masih lemah,” kata Direktur Eksekutif Nasionalis Institute, Andy William Sinaga, Senin (23/4/2018).
Menurut Andy, seharusnya pihak imigrasi melakukan prosedur ketat untuk memeriksa dokumen perjalanan orang asing secara ketat. “Tim Pengawasan Orang Asing perlu diperbanyak setiap titik kedatangan di seluruh bandara dan pelabuhan masuk, khususnya yang rawan masuknya TKA,” terangnya.
Bila perlu, tambah Andy, untuk mengurangi dan menyetop TKA ilegal masuk ke Indonesia, di setiap daerah dibuat peraturan daerah (Perda) tentang TKA. Hasil investigasi Ombudsman RI mengungkapkan ada dua pesawat membawa tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia setiap hari.
Setiap harinya ada TKA asal Tiongkok. Sebanyak 70 persen TKA didatangkan menggunakan pesawat terbang dan 30 persen sisanya menggunakan transportasi laut. Anggota Ombudsman RI Laode Ida mengatakan, arus penerbangan TKA terbanyak setiap harinya adalah di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

To Top