Nasional

Pertahankan Hak hidup, Warga Kampung Bayam Buka Puasa Bersama Di KSB

suasana buka bersama warga Kampung Bayam bersama Indonesia Resilience di Kampung Susun Bayam (KSB), Minggu (26/3/2023).

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Setelah dua pekan warga Kampung Bayam melakukan aksi squatting, kini warga Kampung Bayam bersama Indonesia Resilience mengadakan buka puasa dan tarawih bersama di Kampung Susun Bayam (KSB), Minggu (26/3/2023).

Aktivitas tersebut mereka maknai sebagai bentuk kegigihan warga Kampung Bayam mempertahankan hak hidupnya.

“Dalam  momen Ramadhan, kami sangat berharap menjalankan ibadah puasa di rumah kami, yakni di Kampung Susun Bayam. Selama tiga tahun kami telah mengikuti dan memenuhi alur birokrasi maupun administrasi. Tapi tak juga diberi akses ke rumah sendiri, Apalagi ini bulan Ramadhan, tolonglah ini Pj Gubernur, bersihkan hati, berikan kunci,” ujar Furqon, salah satu warga Kampung Bayam dalam sambutannya sebelum berbuka puasa bersama. 

Hingga saat ini, dimana warga ingin beribadah dengan rasa aman dan nyaman, namun pihak Jakpro tetap melakukan pemadaman listrik.

Tidak hanya itu, Jakpro juga tidak memberi akses air, menelantarkan, dan tidak memanusiakan kehidupan warga Kampung Bayam. 

“Kita sangat berharap di momen bulan puasa ini, mudah-mudahan, PJ Gubernur dan Jakpro, terketuklah pintu hatinya. Sebab kita tidak mudah loh melewati hari-hari disini dimana akses listrik dan air dimatikan, sampai warga akhirnya memfasilitasi diri sendiri yaitu dengan membawa genset, bawa air sendiri, yang artinya keinginan warga kampung bayam ini untuk pulang ke rumah sangat kuat. Jadi tidak bisa dihalangi oleh siapapun karena kita ga ilegal,” pungkas Suryo, salah satu warga Kampung Bayam. 

Warga sepakat bahwa jika tiga hari kedepan, pihak Jakpro tidak melunasi janjinya, yakni menyerahkan kunci, maka warga akan mengambil hak mereka sendiri. 

Direktur Eksekutif, Hari Akbar Apriawan menyampaikan  bahwa langkah yang diambil warga Kampung Bayang sampai saat ini adalah bentuk kekecewaan mereka atas apa yang telah dilakukan negara kepada masyarakatnya.

Baca Juga :   Tindaklanjuti Perkembangan Proyek Kereta Api, Jurnalis Kesulitan Temui Kepala BPN Makassar

“Maka ini adalah satu perlawanan, ini adalah merebut hak, bukan kita melanggar hukum, secara alur birokrasi kita mengikuti, kita juga cukup kooperatif selama tiga tahun sampai hari ini. Ketika hari ini Jakpro masih tidak kooperatif, maka kita ajarkan Jakpro dan Pj Gubernur untuk bersikap kooperatif dengan menduduki Kampung Susun Bayam ini,” ucap Hari.

Hari juga menekankan akan terus mengadvokasi warga Kampung Bayam.

“Walaupun kapasitas kami (IRES) terbatas, tapi kami akan terus mendampingi sampai warga mendapatkan rumahnya kembali,” tegasnya.

Harapannya, setelah kegiatan buka puasa bersama di Kampung Susun Bayam, warga segera mendapat izin penempatan secara resmi.

Diketahui, aktivasi ruang hidup warga di Kampung Susun Bayam berhasil memantik perhatian publik bahwa saat ini warga masih berjuang mempertahankan hak hidup di KSB yang dirampas paksa PJ Gubernur dan Jakpro. 

“Selama warga menduduki Kampung Susun Bayam, beberapa gangguan kesehatan pun mulai menyerang warga. Bagaimana tidak? Warga tidak mendapatkan fasilitas yang memadai, seperti tidak adanya tempat tidur yang layak, tidak adanya air dan listrik, hal ini mengakibatkan warga alami diare, masuk angin, dan gatal-gatal,” terangnya.

1 Comment

1 Comment

  1. Sudir

    Maret 26, 2023 at 20:55

    Salam santun salam hormat salam sehat semoga semuanya terlaksanakan dengan baik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com