Kesehatan

Waspada! Varian Baru Covid Sudah Masuk RI, Berikut Gejalanya

Ilustrasi Omicron

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Sub-varian omicron BA.4 dan BA.5 dikonfirmasi sudah masuk ke Indonesia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, ditemui di kantornya, Jumat (10/6/2022).

“Nah, untuk informasi teman-teman itu memang sudah ditemukan di Indonesia kemarin di Bali sudah ada 4 orang yang terkena BA.4 dan BA.5. Kita sekarang sudah monitor karena memang ini bisa menghindari imunitas vaksin, penyebarannya juga cepat sama seperti varian Omicron,” jelas Budi.

BGS, sapaan akrabnya, mengatakan kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi beberapa waktu ini juga terjadi karena adanya varian baru tersebut.

“Jadi kita sudah memastikan penyebab kasus naik pasti adanya varian baru,” tuturnya.

Meski begitu, kasus Covid-19 di Indonesia menurut BGS masih terpantau baik. Penyebabnya adalah angkat positivity rate dan transmisi kasus yang dilaporkan rendah.

Sejauh ini, hanya DKI Jakarta yang mencatatkan angka positivity rate pada level 3%. Sementara itu secara nasional masih dilaporkan berada di 1,1%.

“Tapi berhubung imunitasnya masih tinggi, kita lihat kenaikannya kasus masih dalam level yang aman,” katanya.

Menurut profesor kedokteran penyakit menular dari Northwestern, Michael Angarone, gejala BA.4 dan BA.5 disebut mirip seperti varian virus Corona lainnya.

“Jadi ini virus yang sama, jadi SARS CoV-2. Jadi kami melihat gejala yang sama,” katanya, seperti dikutip dari Deseret News.

Berikut ini tanda-tanda omicron BA.4 dan BA.5:

Gejala Umum
Demam
Batuk
Kelelahan
Hilangnya rasa atau bau

Gejala Kurang Umum
Sakit tenggorokan
Sakit kepala
Sakit dan nyeri
Diare
Ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki
Mata merah atau iritasi

Baca Juga :   Waketum Hj Erlina Tallu Rahim Sambut Baik Kerjasama IWSS dengan Kementan RI
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com