Politik

Akom Ingin Jadikan Kompleks Parlemen Sebagai Tujuan Wisata Edukasi

JAKARTA, EDUNEWS.id-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Ade Komarudin ingin menjadikan komplek perlemen ini sebagai salah satu tujuan wisata edukasi bagi masyarakat.

Tujuannya antara lain agar masyarakat merasa turut memiliki, menikmati dan sekaligus menjaga keindahan dan kenyamanan lingkungan di Komplek Parlemen.

Demikian dikatakannya saat Rapat Paripurna dengan agenda pembacaan Pidato Penyampaian Laporan Kinerja DPR RI Tahun Sidang 2015-2016 dalam rangka HUT DPR RI ke-71, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (29/08/2016).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (F-PD), dan didampingi oleh Pimpinan DPR lainnya.

“Saya sebagai Pimpinan DPR ingin menjadikan komplek perlemen ini sebagai salah satu tujuan wisata edukasi bagi masyarakat. Sehingga hal ini dapat memberikan akses kepada masyarakat untuk memahami proses demokrasi dan pembuatan kebijakan negara oleh wakil rakyat,” kata Akom, panggilan akrab Ade Komarudin.

Akom menambahkan, tujuan lainnya antara lain untuk memperkenalkan sejarah dan desain arsitektur Gedung DPR sebagai Cagar Budaya Nasional, serta menjadi sarana informasi dan sosialisasi mengenai mekanisme dan kegiatan DPR.

Politisi F-PG itu juga menambahkan, atas nama Dewan, ia mengundang masyarakat memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi yang telah dikembangkan oleh DPR untuk terus menyampaikan aspirasi, masukan, dan kritik konstruktif.

“Banyaknya pengaduan dan aspirasi masyarakat melalui surat, SMS maupun website DPR, tentunya akan direspons dengan menindaklanjutinya melalui alat kelengkapan DPR sesuai ruang lingkup kerjanya,” komitmen Akom.

Politisi asal dapil Jawa Barat itu melaporkan, dalam Tahun Sidang 2015-2016, jumlah aspirasi dan pengaduan masyarakat yang diterima DPR sebanyak lebih dari 4.350. Akom memastikan, hal ini merupakan bentuk kepercayaan masyarakat kepada DPR.

“Respon DPR terhadap pengaduan masyarakat tersebut merupakan wujud komunikasi dan keberpihakan DPR kepada rakyat yang diwakilinya,” imbuh Akom.

Usai rapat paripurna, acara HUT DPR ke-71 ini juga dimeriahkan dengan acara potong tumpeng, dan beragam acara lain seperti donor darah, pameran foto bertajuk “Warna-Warni Parlemen #5 2015-2016 dan pameran lukisan dengan tema “Kepada Republik” yang digelar dari 29 Agustus hingga 2 September 2016. Acara ini digelar di Kompleks Parlemen, dan terbuka untuk umum.

[dpr]

To Top