Politik

Beredar Isu Tiga Orang Komisioner KPU Siantar Dipecat

SIANTAR, EDUNEWS.ID – Beberapa hari belakangan ini, Kota Siantar terkena isu yang tidak sedap. Isu ini berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Siantar pada 16 November 2016 lalu.

Beberapa awak media, pada hari Jumat (20/1/2017) lalu mendapat SMS (pesan singkat) dari nomor 085837743151 yang berisi ‘NANTI PKL 05.35 WIB DGN PESAWAT GARUDA. PENJEMPUTAN INI ADALAH UPAYA PAKSA KRN MABES POLRI SDH MEMANGGIL PARA TERSANGKA INI 2 KALI TP TDK DIINDAHKAN‘. Pesan ini masuk ke seluler awak media pada pukul 01.21 WIB.

Pesan singkat ini diduga merupakan pemberitahuan adanya pemanggilan para tersangka dari proses pelaksanaan Pemilukada Kota Siantar lalu. Namun, sms ini tidak menyebutkan nama ataupun identitas siapa tersangka tersebut.

Kemudian, pada hari ini, Senin (23/1/2017) sekira pukul 10.55 WIB, beberapa awak media kembali mendapat pesan singkat dari nomor yang sama di atas. Dan lagi-lagi, pesan singkat ini berkaitan dengan pelaksaan pesta rakyat Kota Siantar itu.

Adapun isinya yakni ‘PEMILUKADA SIANTAR AKHIRNYA MENELAN KORBAN LAGI. 3 ORANG ANGGOTA KPUD SIANTAR DIPECAT OLEH KPU PUSAT. YG DIPECAT ADALAH MTP, BM, JSS. HARI INI KETIGANYA AKAN MENJALANI PEMERIKSAAN DI DIRESKRIMSUS POLDA SUMUT’.

Di KPU Kota Siantar, ada lima orang komisioner. Inisial MTP mengarah kepada Mangasi Tua Purba selaku Ketua KPUD Siantar. Sementara itu, BM mengarah kepada Batara Manurung dan JSS mengarah kepada Jakfar Siddik Saragih yang keduanya adalah komisioner KPUD Siantar.

Mangasi Tua Purba, yang diduga inisial dari MTP, ketika dihubungi hetanews membantah soal pesan singkat adanya pemeriksaan di Polda Sumatera Utara (Poldasu) itu. Katanya, ia saat ini sedang di Kota Siantar dan begitu juga dengan komisioner lainnya.

“Tidak ada itu (pemeriksaan). Saya saja baru tadi ngopi di Simpang Empat. Tak ada itu,” ujarnya via seluler.

Mangasi juga menegaskan, tidak benar juga ada informasi mengenai pemecatan terhadap dirinya dan 2 orang Komisioner KPUD lainnya sesuai dengan isi pesan singkat yang beredar.

 

Sumber : Heta

To Top