Politik

Survei Polmark : Anies Ungguli Agus dan Ahok

CEO Polmark Indonesia Eep Saifullah Fatah

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Setelah LSI Denny JA, giliran Politic Marketing (Polmark) Indonesia menyampaikan hasil penelitian mereka terkait elektabilitas tiga pasangan cagub-cawagub DKI. Hasilnya, satu bulan jelang pemungutan suara, elektabilitas pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan – Sandiaga Uno, mengungguli dua pesaingnya.

Survei yang dilakukan pada 6-12 Januari itu menunjukkan, elektabilitas Anies-Sandi mencapai 25,3 persen.

“Disusul Agus- Sylviana Murni 23,9 persen. Sedangkan pasangan Ahok- Djarot berada di urutan ketiga dengan perolehan persentase 20,4 persen,” kata CEO Polmark Indonesia Eep Saefullah Fatah di Hotel Akmani, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (19/01/2017)

Meski demikian, 23 persen responden masih merahasiakan pilihannya. Sedangkan sebanyak 7,4 persen tidak menjawab calon mana yang akan dipilihnya.

“Kalau di survei lain, ada angka undecide, kami berbeda. Kami menyebutnya pemilih yang masih merahasiakan siapa calon pilihannya nanti. 23 Persen yang rahasia ketika ditanya lebih halus ke mana arah suaranya, maka jawabnya memilih Anies-Sandi 6,4 persen, Ahok-Djarot 4,2 persen dan Agus-Sylvi 6 persen dan tidak menjawab 6,4 persen,” beber Eep.

Jika jumlah itu ditambahkan ke perolehan elektabilitas tiap pasangan, lanjut dia, maka tingkat keterpilihan Anis-Sandi masih tetap unggul. Anies-Sandi peroleh elektabilitas 31,7 persen, disusul Agus-Sylvi 29,9 persen dan pasangan Ahok-Djarot 24,6 persen.

“Sementara angka pemilih undecide 13,8 persen,” ujar Eep.

Survei ini dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden yang diambil dari 120 kelurahan secara random. Metode penelitian yang digunakan adalah multistage Randow sampling dengan model wawancara tatap muka langsung.

Adapun margin of error yakni lebih kurang 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

To Top