News

Resesi, Puluhan Perusahaan Kakap di AS Ajukan Pailit

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Resesi ekonomi Amerika Serikat (AS) membuat puluhan perusahaan kakap bangkrut. Bank Investasi Jefferies memperkirakan jumlah perusahaan bangkrut menanjak 244 persen pada Juli dan Agustus dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Jumlah perusahaan bangkrut pada September diperkirakan makin bertambah seiring dengan kenaikan kasus perusahaan yang mengajukan gugatan pailit.

Sebut saja, Brooks Brothers, Hertz, California Pizza Kitchen, dan Chuck E. Beberapa perusahaan yang bangkrut dan telah mengajukan gugatan pailit pada musim panas AS.

Masih menurut Jefferies, department store Lord & Taylor dan Century 21, bahkan tutup sepenuhnya. Namun, ada juga perusahaan yang beruntung menemukan pembeli, seperti JCPenney yang berusia 118 tahun.

“Ada banyak perusahaan yang dirugikan meski kami bekerja 24 jam sehari,” tutur Joseph Acosta, mitra di Dorsey & Whitney yang fokus pada isu kebangkrutan, mengutip CNN Business, Minggu (13/9/2020).

Ia melanjutkan beberapa bulan terakhir, pengajuan pailit oleh perusahaan besar meningkat 120 persen, termasuk dari pelopor Chesapeake Energy, perusahaan peralatan dapur kelas atas Sur La Table, dan Cirque du Soeil.

Dari sektor usahanya, berdasarkan penelitian Jefferies, pengajuan kebangkrutan penerbangan naik 110 persen, sedangkan industri minyak dan gas naik 45 persen, termasuk juga industri hiburan yang naik 22 persen.

“Jumlah kebangkrutan saat ini belum mencapai puncaknya. Puncaknya akan datang saat pemerintah menghentikan paket bantuan,” ucap Acosta.

Sebelumnya, bank sentral AS, The Federal Reserve, sempat menggelontorkan dana bantuan bagi sektor industri di AS, termasuk juga pelaku usaha kecil dan menengah

Namun begitu, kebangkrutan di usaha kecil dan menengah belum tampak melonjak. Diduga karena pengajuan pailit oleh perusahaan kecil lebih sedikit jika dibandingkan perusahaan besar.

Baca Juga :   AHY Singgung Pilgub DKI 2017 Lalu, Siap-siap Maju Cagub?

“Mungkin juga karena ada perbedaan kas/likuiditas yang tidak mencukupi untuk menyewa pengacara kebangkrutan,” ujar Ken Usdin, analis perbankan Jefferies.

Dengan kata lain, ia melanjutkan, perusahaan-perusahaan kecil tersebut bahkan tidak mampu untuk menutup biaya jika pailit.

 

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com