Nasional

Soal Dana Pemilu 2024, Begini kata Menkopulhukam Mahfud MD

Mahfud MD
Menkopulhukam Mahfud MD

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Menko Polhukam Mahfud Md memastikan pemerintah menyediakan dana Pemilu 2024. Dana yang disediakan sesuai hitung-hitungan yang telah disepakati KPU dan Pemerintah.
Pernyataan itu Mahfud itu membalas cuitan Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio atau Hensat. Dilihat detikcom, Hensat menyinggung soal kepastian dana Pemilu 2024 di akun Twitternya.

“Tapi menurut saya ada satu hal yang harus juga dikawal oleh para parpol yang mendaftar di KPU sebagai peserta Pemilu, yaitu kepastian dana penyelenggaraan Pemilu 2024,” cuit akun @satriohendra dilihat Kamis (4/8/2022). Cuitan Hensat itu disertai pemberitaan soal dana Pemilu 2024.

Mahfud lantas membalas cuitan tersebut. Dia menegaskan dana Pemilu pasti disediakan Pemerintah sesuai hitungan.

“Dana Pemilu pasti disediakan oleh Pemerintah sesuai dengan hitungan yang telah disepakati,” cuit Mahfud, ejaan sudah disesuaikan.

Mahfud mengatakan tahun ini pemerintah sudah menyiapkan Rp 1,24 triliun dana Pemilu. Nantinya dana akan dicairkan secara bertahap setiap tahunnya sesuai dengan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) KPU.

“Untuk kebutuhan tahun 2022 sudah disiapkan Rp 1,24 Trilliun tapi pencairannya menunggu DIPA yang harus dibuat oleh KPU. Untuk tahun 2023 dan 2024 akan dimasukkan ke APBN tahun yang bersangkutan, tak bisa tahun ini. Ini kan multi years,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Partai-partai politik mulai mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024. Namun, ketersediaan dana dinilai jadi keniscayaan terselenggaranya Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Hensat. Dia awalnya berbicara perhelatan Pemilu 2024 sudah dimulai sejak parpol mulai mendaftar Pemilu.

“Perhelatan proses Pemilu 2024 kan sudah dimulai kemarin, parpol-parpol sudah mulai mendaftar, ada beberapa parpol yang sudah mendaftar atau sudah ada di Senayan kemarin mendaftar, seperti PDIP, NasDem, PKS kalau nggak salah. Nanti tanggal 8 Gerindra PKB kemudian beberapa lagi akan menyusul,” kata Hensat kepada wartawan, Selasa (2/8/2022).

Hensat menilai positif dimulainya perhelatan pemilu lantaran kepastian peralihan kepemimpinan 2024 akan terwujud. Meski begitu, menurutnya, ada poin penting lainnya, yakni dana pemilu.

“Tapi menurut saya ada satu hal yang harus juga dikawal oleh para parpol yang mendaftar di KPU sebagai peserta Pemilu, yaitu kepastian dana penyelenggaraan Pemilu 2024,” ujar dia.

Hensat menilai para wakil rakyat di DPR harus bisa mengawal ketersediaan dana tersebut. Menurutnya, pemilu tak akan terlaksana tanpa adanya dana pemilu.

“Jadi ketersediaan dana pemilu ini sebuah keniscayaan untuk mewujudkan atau terselenggaranya Pemilu 2024. Jadi ini sebetulnya yang harus dipastikan para parpol kemarin yang mendaftar,” jelasnya.

“Ya tanpa ketersediaan dana tentu akan tidak terlaksana, dan jahat betul pemerintah saat ini bila ketersediaan dana untuk Pemilu 2024 itu tidak ada atau tidak disiapkan, jahat itu, karena harusnya pemerintah yang pertama diprioritaskan adalah anggaran untuk demokrasi,” kata Hensat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });