Nasional

Waspada! Gejala Infeksi Omicron Muncul Setelah 3 Hari

Ilustrasi Omicron

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Omicron mungkin memiliki masa inkubasi yang lebih pendek daripada Delta dan varian lainnya, ungkap Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). Menurut CDC, hanya perlu tiga hari bagi orang yang terinfeksi varian Omicron untuk menunjukkan gejala.

Dilansir redaksi dari tvonenews.com, Sabtu (1/1/2022, sebuah penelitian yang diterbitkan sebagai rilis awal untuk Morbidity and Mortality Weekly Report (MMWR) CDC pada awal pekan ini, menyelidiki enam kasus dugaan infeksi Omicron yang semuanya dalam rumah tangga yang sama.

Menurut CDC, seperti dikutip dari Health, Jumat, kecurigaan varian Omicron muncul karena pasien yakni seorang pria berusia 48 tahun baru saja kembali dari Nigeria. Setelah pengujian reverse transcription–polymerase chain reaction (RT-PCR) dan whole genome sequencin sampel, setiap anggota keluarga ditemukan terinfeksi varian Omicron.

Baca juga : Penyebaran Lokal Omicron di RI, Jangan Pakai Masker Jenis ini!

Hanya satu anggota dalam rumah tangga yang divaksinasi lengkap; sisanya tidak divaksinasi dan sebelumnya memiliki COVID-19 atau gejala yang terkait dengan penyakit tersebut. Melalui penyelidikan lebih lanjut, CDC dan Departemen Kesehatan Nebraska menentukan masa inkubasi rata-rata atau waktu rata-rata antara paparan dan timbulnya gejala yakni hanya 73 jam atau sekitar tiga hari.

Menurut CDC, ini lebih pendek dari masa inkubasi sekitar empat hari untuk varian Delta, dan masa inkubasi sekitar lima hari untuk varian Covid-19 lainnya. Data CDC bukan satu-satunya informasi yang menunjukkan masa inkubasi yang lebih pendek untuk Omicron.

Menurut sebuah studi dari Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (NIPH), peserta pesta Natal yang diadakan di Oslo juga mengembangkan gejala Covid-19 varian Omicron dalam tiga hari. Data menunjukkan, dari 111 peserta pesta Natal yang sebagian besar divaksinasi lengkap, sebanyak 73 persen didiagnosis dengan Covid-19, dengan asumsi kebanyakan orang yang sakit terinfeksi varian Omicron. (in/tvn)

Baca Juga :   Pakar : Kurang Menarik, Sengketa Pemilu tak Pengaruhi Minat Investor Asing
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com