Beasiswa

Dibuka Pendaftaran Beasiswa Penuh Kuliah di Hungaria untuk S1-S3, Buruan!

Ilustrasi Beasiswa

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Pendaftaran beasiswa Stipendium Hungaricum program S1 hingga S3 tahun ajaran 2022/2023 telah dibuka. Nantinya, mahasiswa akan mengikuti kuliah secara gratis sampai lulus.

Stipendium Hungaricum merupakan program beasiswa dari Pemerintah Hungaria. Beasiswa ini menawarkan kesempatan studi gelar penuh dan parsial untuk program sarjana, magister dan doktoral. Sebagian besar kursus diberikan dalam bahasa Inggris, tetapi juga tersedia untuk bahasa asing lainnya.

Beasiswa ini terbuka bagi calon mahasiswa asal Indonesia yang mengambil program sarjana dan magister di bidang Pertanian, Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi, Teknologi Informasi dan Studi Teknik, Studi Seni dan Olahraga. Sementara itu, untuk program doktoral terbuka untuk semua bidang minat.

Melansir situs Stipendium Hungaricum, mahasiswa akan mendapatkan pembebasan dari pembayaran biaya kuliah, tunjangan bulanan sampai menamatkan studi, asrama gratis atau biaya akomodasi, dan asuransi kesehatan.

Syarat Pendafaran Beasiswa
Beasiswa ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk mendaftar beasiswa, seperti kriteria bahasa minimum yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi hingga memenuhi syarat masuk minimal pada program studi yang dipilih.

Baca juga : Waspada! Berikut 5 Ciri-ciri Beasiswa Palsu

Dokumen yang Dibutuhkan
Berikut dokumen umum yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran beasiswa Stipendium Hungaricum:

– Form pendaftaran online
– Motivation letter
– Sertifikat kemampuan bahasa
– Ijazah terakhir
– Transkrip nilai akademik
– Salinan dokumen identitas seperti passpor dan KTP
– Surat penerimaan pernyataan pendaftaran
– Surat kesehatan
– Portofolio (khusus bidang seni)
– Rencana penelitian (khusus program doktor)
– Surat rekomendasi (khusus program doktor)
– Surat pernyataan dari supervisor (khusus program doktor)

Baca juga : Ada Beasiswa Kuliah di Cina, Perhatikan Syaratnya dan Buruan Daftar!

Cara Pendaftaran

1. November-Desember 2021: Tentukan program
Bidang studi yang tersedia berbeda dari negara mitra satu dan lainnya. Pelamar beasiswa dapat memeriksa bidang studi yang disediakan untuk negara asal di situs web SH atau dapat memulai aplikasi di sistem DreamApply dan memilih program studi yang relevan. Pelamar dapat memeriksa daftar mitra pengirim dan bidang studi yang memenuhi syarat.

2. Desember 2021: Hubungi mitra pengiriman
Permohonan juga harus diserahkan kepada otoritas yang bertanggung jawab dari mitra pengirim. Setiap mitra pengirim mungkin memiliki tenggat waktu dan persyaratan yang berbeda untuk mengirimkan materi aplikasi. Hubungi mitra pengirim untuk menanyakan tentang kepastian prosedur melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

3. Desember 2021: Daftar dan upload dokumen
Aplikasi diproses dalam sistem aplikasi online (apply.stipendiumhungaricum.hu). Pelamar dapat menelusuri 29 universitas dan perguruan tinggi (lebih dari 600 program studi), tetapi hanya 2 pilihan yang diperbolehkan. Pastikan bahwa program yang dipilih relevan dengan bidang studi minat.

Jika kalian mendaftar untuk studi doktoral, perlu diingat bahwa detikers perlu mencari supervisor. Dokumen yang diperlukan dapat bervariasi sesuai dengan tingkat studi dan negara asal.

4. 15 Januari 2021: Deadline pendaftaran
Aplikasi harus diserahkan sebelum batas waktu berakhir. Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan telah dilampirkan dan semua bidang yang diperlukan diisi dengan benar sebelum mengirimkan aplikasi.

Bagi kalian yang ingin mendaftar beasiswa Stipendium Hungaricum, seluruh dokumen dapat dikirimkan melalui laman https://apply.stipendiumhungaricum.hu/ sebelum tanggal 15 Januari 2022. Semoga berhasil!

sumber : detikedu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top