Beasiswa

Yuk Daftar Beasiswa ini, Bisa Kuliah Gratis di Hokkaido University Jepang

Ilustrasi

BEASISWA, EDUNEWS.ID-Jepang menjadi salah satu negara tujuan mahasiswa asing untuk kuliah di sana dengan beasiswa. Hal ini karena perguruan tinggi di Jepang menyediakan program kelas internasional dengan pengantar berbahasa Inggris. Salah satunya ditawarkan oleh Universitas Hokkaido.

Melansir laman portal edukasi Ruang Guru di ruangguru.com, Senin (27/9), universitas negeri di negara sakura yang telah berusia 145 tahun dan menduduki peringkat 6 di Jepang menurut The World University Ranking 2021 itu juga membuka program beasiswa kuliah pada program Modern Japanese Studies Program (MJSP).

MJSP merupakan program Sarjana bagi mereka yang tertarik mempelajari Masyarakat dan Budaya Kontemporer Jepang, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi Politik. Menariknya, MJSP merupakan program bergelar sarjana dalam dua bahasa, dengan masa studi selama 4 tahun.

Baca juga : Berikut 6 Beasiswa Kuliah di NUS Singapura untuk S1, Cek Syaratnya!

Program diawali dengan enam bulan kursus bahasa Jepang intensif, lalu peserta akan memulai kuliah dengan bahasa Jepang. Simak informasi lengkapnya di bawah ini:

Program Beasiswa
1. Universitas Hokkaido memiliki program beasiswa bagi mahasiswa peserta Program Studi Jepang Modern (MJSP). Rincian program tersebut diuraikan di bawah ini:
– Gratis biaya kursus bahasa Jepang intensif untuk pendaftar Oktober 2022.
– Gratis biaya pendaftaran dan kuliah untuk tahun akademik 2022/2023 bagi pendaftar gelar Sarjana.
– Pada tahun kedua perkuliahan dan setelahnya, beasiswa biaya kuliah akan diberikan hanya untuk siswa terpilih berdasarkan nilai akademik.

Baca juga: Pengen Kuliah di Cambridge? Buruan Daftar Beasiswa Gates Tunjangan hingga Rp 351 Juta

2. Jika tidak terpilih untuk mendapatkan bantuan pendidikan, Mahasiswa dapat mengajukan keringanan biaya kuliah penuh, setengah, atau seperempat jika menghadapi masalah keuangan. Keringanan tersebut didapat dengan menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa.

Selain itu, ada beasiswa yang tersedia dari organisasi swasta, dan mereka yang ingin mendaftar untuk program tersebut dapat mengajukan beasiswa setelah diterima di Program MJSP.

Persyaratan

1. Kewarganegaraan
Individu yang memiliki kewarganegaraan selain Jepang memenuhi syarat untuk mendaftar. Individu yang memiliki status penduduk tetap Jepang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar.

Catatan: Individu yang memiliki kewarganegaraan asing dan kewarganegaraan Jepang harus lulus penyaringan kualifikasi awal sebelum mendaftar. Silakan hubungi Pusat Penerimaan selama periode di bawah ini dan ikuti petunjuknya.

Gelombang pertama pendaftaran: 1 Oktober 2021– 8 Oktober 2021
Gelombang kedua pendaftaran: 4 Januari 2022 – 12 Januari 2022

Baca juga : 5 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri, Asia Hingga Amerika

2. Kualifikasi Dasar
Pelamar harus memenuhi minimal salah satu dari kriteria berikut:

– Telah menyelesaikan 12 tahun pendidikan sekolah di negara selain Jepang atau diharapkan lulus pada 30 September 2022.

– Pendaftar yang memiliki kualifikasi/setara dengan syarat no. 1 di atas dan telah ditunjuk oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang.

– Telah menerima International Baccalaureate Diploma di negara selain Jepang pada tanggal 30 September 2022, yang diberikan oleh International Baccalaureate, sebuah yayasan sesuai dengan Kode Sipil Swiss.

– Telah menerima Abitur, gelar yang diakui sebagai kualifikasi untuk masuk universitas di seluruh Jerman.

– Memegang gelar baccalauréat, gelar yang diakui sebagai kualifikasi untuk masuk universitas di Prancis.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top