Gaya Hidup

Hasil Survei: Alasan Warga Memilih Jalan-Jalan Dibanding Ibadah Di Bulan Ramadhan

Anjungan Kuliner Lego-Lego Kota Makassar.

EDUNEWS.ID – Mengunjungi taman atau kawasan kuliner menjadi aktivitas favorit masyarakat saat Ramadhan. 

Aktivitas tersebut dipilih dibanding menonton layanan streaming dan beribadah.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei Telkomsel via tSurvey.id terhadap 2.555 responden berjudul Ramadan Consumer Behavior Insight 2023.

Mayoritas responden berjenis kelamin pria (63 persen), sementara sisanya perempuan (37 persen).

Responden dalam survei ini pun berasal dari tiga generasi berbeda: Gen X (>42 tahun), Millenial (27-42 tahun), dan Gen Z (<=26 tahun).

Hasilnya, millenial menjadikan berjalan-jalan di taman atau perumahan sebagai aktivitas utama saat ngabuburit sebesar 44 persen.

Jumlahnya mengalahkan aktivitas lain yakni menonton streaming (41 persen), beribadah (40 persen), menuntaskan pekerjaan (42 persen), menyiapkan makanan berbuka (42 persen), bermain game (43 persen), dan pergi ke pusat perbelanjaan (40 persen).

Untuk Gen Z, aktivitas utama yang dipilih saat ngabuburit adalah menonton streaming (36 persen), disusul pergi ke pusat perbelanjaan (36 persen), menyiapkan makanan waktu berbuka (35 persen), dan gaming (34 persen) serta menuntaskan pekerjaan (28 persen).

Sementara itu untuk Gen X, aktivitas yang paling banyak dipilih adalah beribadah (30 persen), dan menuntaskan pekerjaan (30 persen).

Sisanya, Gen X memilih menonton streaming (23 persen), bermain game (23 persen), dan pergi berbelanja (24 persen), serta berjalan-jalan di taman atau perumahan (25 persen).

Dalam hal olahraga, milenial cenderung memilih badminton dan bersepeda. Sementara, Gen X dan Gen Z memilih jogging atau berlari.

Masing-masing generasi pun punya waktu sendiri untuk berolahraga.

Untuk milenial, mereka memilih berolahraga setelah berbuka di jam salat tarawih (51 persen).

Untuk Gen X, mereka memilih berolahraga selepas jam sahur (28 persen). Sedangkan untuk Gen Z, mereka memilih berolahraga saat sore hari sebelum berbuka puasa (37 persen).

Dari survei ini pula diketahui Gen X dan milenial punya pandangan berbeda terkait pengaruh iklan televisi dibanding Gen Z

Gen Z sendiri ternyata lebih terpengaruh oleh konten yang ada di TikTok. Rinciannya, 43 persen Gen Z lebih terpengaruh oleh TikTok, dibanding 30 persen millenial, dan 27 persen Gen X.

Ketimbang iklan TikTok, Millenial cenderung terpengaruh oleh konten di Instagram dan Facebook serta iklan TV. Keduanya berbagi persentase yang sama yakni 46 persen.

Untuk Gen X, iklan TV lebih berpengaruh (31 persen) daripada iklan-iklan di media yang lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

  • redaksi@edunews.id
  • redaksiedunews@gmail.com

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top