Tekno

Apple Hapus Ribuan Aplikasi dari Apple Store

ILUSTRASI

CALIFORNIA, EDUNEWS.ID – Apple menghapus puluhan ribu aplikasi dari toko aplikasi mereka, Apple Store. Penghapusan aplikasi ini dilakukan Apple pada Oktober lalu, sebagai bagian rutin dari kegiatan Apple Store menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tak tepat setiap bulannya.

Penghapusan pada Oktober lalu terjadi pada 47.300 aplikasi di App Store. Informasi yang disampaikan oleh Sensor Tower ini menyebutkan penghapusan aplikasi di kuartal III 2016 mengalami peningkatan hingga 238 persen.

Bulan sebelumnya, Apple diketahui hanya menghapus aplikasi dari tokonya 14 ribu aplikasi. Pada penghapusan aplikasi kuartal III di Oktober 2016 ini, penghapusan terbanyak dilakukan pada kategori mobile games atau permainan.

Untuk kategori ini, jumlah yang dihapus Apple setara dengan angka 28 persen dari keseluruhan aplikasi yang dihapus. Selain games, aplikasi yang juga banyak dihapus perusahaan asal Amerika Serikat ini adalah aplikasi kategori entertainment dengan porsi 8,99 persen dari total aplikasi yang dihapus.

Setelah itu secara berturut-turut aplikasi yang banyak dihapus adalah kategori buku 8,96 persen, kategori edukasi 7 persen, dan gaya hidup sebesar 6 persen.

Hampir setengah aplikasi yang dihapus oleh App Store ini diketahui sudah tidak diperbarui sejak Mei 2015. Juga sebanyak 25,6 persen atau setara seperempatnya lagi tidak diperbarui sejak November 2013.

Apple sendiri menjelaskan setiap minggunya Apple Store menerima 100 ribu aplikasi baru dan aplikasi yang diperbarui. Apple menyatakan saat ini tokonya memiliki jumlah aplikasi sebanyak 2 juta aplikasi dan akan terus berkembang dalam waktu mendatang. Diperkirakan pada 2020, Apple akan memiliki aplikasi yang tersedia dengan jumlah 5 juta aplikasi.

To Top