DAERAH

KPID Jambi akan Galakkan Kegiatan Literasi Media di 13 Titik Kabupaten/Kota

JAMBI, EDUNEWS.ID – Sama seperti tahun 2022 lalu, tahun 2023 ini KPID Provinsi Jambi kembali akan

menggelar program kegiatan literasi media.

Pada tahun 2022 yang lalu, KPID Provinsi Jambi melakukan literasi media di tujuh titik dalam Provinsi Jambi.

Tahun 2023 ini, program pencerdasan di bidang penyiaran ini akan diadakan di 13 titik kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi dengan melibatkan komisi I DPRD Provinsi Jambi sebagai narasumber.

Literasi media adalah sebuah program wajib dan rutin di KPID Provinsi Jambi, yang bertujuan mengedukasi masyarakat agar memiliki kemampuan dalam mengakses media, menganalisis media, mengevaluasi media.

Nantinya, masing-masing kabupaten/kota dipimpin oleh komisioner KPID Provinsi Jambi dan di bantu oleh tenaga ahli dan staff KPID Provinsi Jambi.

Wakil ketua KPID Jambi Asriyadi mengatakan, penyiaran yang baik, sehat, dan berkualitas merupakan harapan termasuk oleh masyarakat Provinsi Jambi.
Oleh karena itu, lanjutnya, edukasi terus dilakukan, salah satunya melalui kegiatan Literasi Media.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban KPID Jambi untuk mengedukasi masyarakat sehingga bisa melindungi hak masyarakat untuk memperoleh siaran yang layak dan berkualitas,” kata komisioner KPU Kabupaten Sarolangun periode 2013-2018.

Menurut Asriyadi, KPID Jambi terus mengupayakan edukasi bagi masyarakat agar mereka memiliki pengetahuan dan kemampuan yang memadai untuk menyeleksi informasi yang ditayangkan oleh media penyiaran baik TV maupun Radio.

“Kita berharap Literasi Media dapat menjadi guidance atau pedoman bagi masyarakat dalam memfilter konten yang bermasalah dan kontraproduktif dengan nilai ideal penyelenggaraan penyiaran. Melalui Literasi Media, KPID Jambi berharap pada ujungnya masyarakat semakin cerdas, kritis, partisipatif dan memiliki kendali penuh terhadap dunia penyiaran,” jelas Asriyadi.

Rencananya, kata Asriyadi, kegiatan literasi akan berjalan selama bulan Agustus hingga November 2023, dengan tema yang variatif dan dekat dengan masyarakat, serta menghadirkan Komisi I DPRD Provinsi Jambi sebagai narasumber.

Baca Juga :   Karang Taruna Botolempangang, Binmas, dan Masyarakat Santuni Warga Kurang Mampu

“Saat rapat kerja dengan Komisi I beberapa waktu yang lalu kita sudah menyampaikan bahwa kita akan menggelar literasi media di kabupaten/kota,” ujarnya.

Asriyadi menambahkan, KPID Jambi juga sudah berkoordinasi dengan komisi I tentang jadwal pelaksanaan literasi media.

Saat ini, kata dia, progres kegiatan tingga pematangan di tataran KPID Jambi.

“Kita sudah siap menggelar literasi media, saat ini tinggal berkoordinasi dengan kabupaten tujuan literasi,” terangnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com