Pemkab Wajo

Bupati Wajo Bahas Penanganan Banjir Dalam Kuliah Umum di FT Unhas

bupati wajo, amran mahmud, saat bawakan kuliah umum di kegiatan hms ft unhas, Rabu (18/5/2022).

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Bupati Wajo, Amran Mahmud, jadi pembicara pada kuliah umum kegiatan bertajuk Dedikasi 2022 yang digelar Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) di Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin (Unhas), Rabu (18/5/2022).

“1 dari 15 danau yang harus diselamatkan yaitu Danau Tempe di Wajo. Kita ketahui bahwa setiap tahun air dari ini meluap dan mengakibatkan banjir. Inilah yang harus dicarikan solusi untuk penanganannya,” jelas Amran.

Amran menjelaskan bahwa Danau Tempe memiliki hulu yang cukup banyak, mulai dari Kabupaten Barru maupun Kabupaten yang masuk ke aliran Sungai Walennae. Begitu juga dari Kabupaten Enrekang, Pinrang, Sidrap, dan sekitarnya yang masuk ke aliran Sungai Bila. Semua aliran air itu kemudian masuk Danau Tempe untuk mengalir menuju Teluk Bone.

“Inilah yang menyebabkan selalu terjadi banjir. Namun, tentu dengan keilmuan dan teknologi, kita harapkan ada solusi, misalnya dengan konsep sponge city yang merupakan upaya baru penanganan banjir, yang juga akan diterapkan di IKN,” ungkapnya.

Sponge city akan membuat sebanyak mungkin air yang turun ke permukaan diserap kota dan digunakan untuk keperluan air minum, air bersih, irigasi, dan sebagainya, sebelum terbuang ke laut.

Meskipun membutuhkan biaya cukup besar, lanjut Amran, menerapkan sponge city di Sulsel, Kota Sengkang, tentu bukanlah sesuatu yang mustahil.

“Oleh karena itu, kami berharap kerja sama perguruan tinggi maupun para peneliti ahli, khususnya dari FT Unhas maupun institusi lainnya agar hasil kajian dapat lebih komprehensif sesuai asas asas riset. Sekali lagi, kami berharap agar bisa mendapatkan solusi terbaik dari penanganan banjir di Wajo ini,” harapnya.

Dalam penanganan banjir, tambah Amran, adalah dengan memperbanyak kantong air dan serapan air di hulu sebelum air itu langsung masuk ke kota, serta didukung dengan penanganan drainase kota yg baik.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Teknik asal Wajo, Ardimansyah, mengucapkan terima kasih dan sangat bangga atas kesungguhan Bupati Wajo dalam menangani banjir.

“Kami berterima kasih atas kesungguhan beliau, yang langsung datang menyampaikan materinya bahkan mengajak seluruh mahasiswa khususnya di Unhas untuk melakukan penelitian bagaimana cara penanganan banjir di Wajo,” ucapnya di forum tersebut.

(rls/hms)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top