Inovasi

Raih Indonesia Awards 2023 Berkat Lorong Wisata, Danny Pomanto Buktikan Makassar Baik untuk Semua

Danny Pomanto, Wali Kota Makassar. Sumber: Dok. Istimewa.

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Makassar lagi-lagi memberi kesan untuk kota lain. Belum lama ini, Pemkot (Pemerintah Kota) Makassar meraih penghargaan di kancah nasional.

Pemkot Makassar berhasil meraih penghargaan Indonesia Awards 2023 kategori Outstanding Award For Intergrated Initiative yang diselenggarakan oleh INews Media Group.

Penghargaan tersebut diterima Pemkot Makassar karena program inovatif Lorong Wisata yang diinisiasi oleh Moh Ramdhan Pomanto selaku Wali Kota.

Danny Pomanto, nama sapaan Wali Kota Makassar, menerima langsung penghargaan tersebut di Jakarta Concert Hall INews Tower, pada Kamis (31/8/2023) kemarin.

Dalam satu kesempatan, Danny menyebutkan bahwa Lorong Wisata, yang kerap diapresiasi berbagai pihak, adalah program yang ditujukan untuk menjawab segala permasalahan yang ada di Kota Makassar.

Salah dua permasalahannya yaitu penanganan kemiskinan dan ketahanan pangan lewati sirkulasi ekonomi di lorong-lorong. Danny menilai bahwa lorong adalah sel kota, sel ekonomi, dan sel sosial. Itulah sebabnya Ia menata lorong agar memberikan daya tarik yang nantinya akan meningkatkan daya beli masyarakat.

“Jadi lorong-lorong yang tadinya tidak tertata itu kita jadikan lorong yang bikin tertarik untuk dikunjungi orang, dan itu memberikan dampak ekonomi yang baik untuk masyarakat sekitar,” ucap Danny setelah menerima penghargaan

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa dalam satu program Lorong Wisata, terdapat 21 konten inovatif yang dapat menunjang daya beli masyarakat.

21 konten inovatif tersebut yakni food security, inflation control, circular economy, 20 UMKM digital per lorong, startup lorong, destinasi wisata makan enak, destinasi wisata sejarah dan seni, digital waste bank, community empowerment, public engagement, social cohesion, social mitigation, social share & care, 20 new jobs & new business opportunity, city farming, city garden, net zero carbon city, healthy alleys, sombere and smart city, public safety, dan resilient city.

Baca Juga :   Mendagri  : Jika Ikut Pilkada, Pj Kepala Daerah Harus Mundur 5 Bulan Sebelum Pelaksanaan!

“Lorong Wisata ini adalah kemasan, isinya itu yang 21 inovasi,” lanjut Danny.

Penganugerahan ini menjadi bukti bahwa inovasi Lorong Wisata telah diakui di Indonesia. Akhir kesempatan, Danny menganggap penghargaan tersebut menjadi pemacu agar masyarakat dan pemerintah daerah bisa terus berinovasi dalam menjawab permasalahan di daerahnya masing-masing.

“Tentunya ini memacu dan memicu pemerintah daerah untuk terus memberikan inovasi bagi masyarakatnya, juga memberikan dampak dan manfaat bagi sebuah pemerintahan dengan sebuah terobosan-trobosan baru,” tutupnya.

Diketahui, saat Danny menerima penghargaan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN ERICK Tohir, Kementreian PAN-RB Abdullah Azwar Anas, dan Kementreian Perhubungan Budi Karya Sumadi turut menyaksikannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com