Kampus

Anjangsana ke Yamali TB, Mahasiswa Fisioterapi Unhas Berbagi Ilmu dan Teknik Pernapasan

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Mahasiswa Keperawatan Jurusan Fisioterapi Universitas Hasanuddin mengunjungi Kantor Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) Sulsel, Jalan Cemara Panakkukang, Makassar, Minggu (13/6/2021).

Dalam kunjungannya, Pihaknya melaksanakan Seminar Sosial Project Mahasiswa Fisioterapi dengan tema Edukasi breathing exercise pada pasien TBC.

Ketua Panitia Seminar yang juga Perwakilan Mahasiswa Keperawatan Jurusan Fisioterapi Universitas Hasanuddin Faiqah Nur Fadhila mengatakan, tujuan kegiatan ini sebagaimana tema yakni terkait tentang latihan pernapasan bagi pasien TBC.

“Berbagi ilmu dan sharing terkait bagaimana melihat kondisi pasien TBC yang mengalami ganguan pernapasan, sebagai fisoterapi kami melihat ini penting untuk disosialisasikan,” kata Faiqah Nur Fadhila dalam sambutannya.

Mahasiswa Semester 2 Keperawatan Jurusan Fisioterapi Unhas ini menambahkan bahwa pihaknya sengaja memilih Yamali TB sebagai tempat sharing ilmu dikarenakan komunitas ini sendiri adalah yayasan yang fokus dalam upaya penanggulangan TBC berbasis komunitas.

“Disamping juga kegiatan seminar ini dalam rangka tugas perkuliahan, dengan praktek lapangan langsung atau sosial project,” tuturnya.

Terpisah disampaikan, Koordinator SR Yamali TB Sulsel, Kasri Riswadi menyambut baik kegiatan mahasiswa Fisioterapy Unhas. Latihan pernapasan bagi pasien TB ini sangat relevan untuk diketahui oleh pegiat dan pendamping pasien TB.

“Kita tahu bahwa pengobatan TB itu panjang, ada 6 bulan, 9 bulan bahkan ada yang hingga 24 bulan. Sepanjang itu banyak efek obat dan pantangan yang dihadapi pasien, dan umumnya adalah persoalan pernapasan,” tambahnya.

Melalui pendamping atau patient support dari Yamali TB kita ingin memperkuat kompetensi itu, agar saat menghadapi pasien dengan kendala pernasapan maka bisa diterapi secara langsung.

Dalam kegiatan ini hadir Manager Kasus (MK), Patient Support (PS), Staf, Karyawan Yamali TB hingga Mahasiswa Keperawatan Jurusan Fisioterapi Universitas Hasanuddin.

Hadir sebagai Pemantik Seminar Hamdiah Hambali yang juga Alumnus Mahasiswa Keperawatan Jurusan Fisioterapi Universitas Hasanuddin angkatan 2017.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top