Kampus

Bangun Daerah, Pemda Banyuwangi Libatkan PTKI

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat menyampaikan keynote-nya pada acara Seminar Nasional Temu Ilmiah Jaringan Peneliti Dosen PTKIS Kopertais IV di Hall Institut Agama Islam Darussalam Blok Agung Banyuwangi, Sabtu (21/1/2017).

BANYUWANGI, EDUNEWS.ID – Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan kemajuan daerahnya tidak terlepas dari keterlibatan dan kontribusi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Hal ini disampaikan Azwar saat menyampaikan keynote-nya pada acara Seminar Nasional Temu Ilmiah Jaringan Peneliti Dosen PTKIS Kopertais IV di Hall Institut Agama Islam Darussalam Blok Agung Banyuwangi, Sabtu (21/1/2017).

Dalam paparannya, Anas menyampaikan bahwa Bappeda telah melibatkan beberapa PTKI di Kabupaten Banyuwangi untuk terlibat aktif memberikan sumbangsih dalam pembangunan melalui penelitian. Menurutnya, semua kebijakan pengembangan Kabupaten Banyuwangi harus berbasis pada data. Maka dari itu, Azwar Anas juga meminta agar Perguruan Tinggi di Banyuwangi ini turut membantu menyediakan data-data yang dibutuhkan tersebut.

Hal itu juga diiyakan oleh pengasuh PP Darussalam Blok Agung. Setiap tahunnya, khusus untuk IAIDA Blok Agung ini, Bappeda mengalokasikan dana bantuan penelitian, ujarnya Gus Kholik, pengasuh pesantren Darussalam Blok Agung menegaskan. Di hadapan lebih dari 200 peneliti, Anas memaparkan perkembangan perubahan Kabupaten Banyuwangi dalam beberapa tahun terakhir. Bupati juga menjelaskan pentingnya penelitian yang dapat membawa perubahan di masyarakat dan pembangunan.

Seminar ini sengaja menghadirkan Bupati Banyuwangi untuk memaparkan betapa pentingnya data penelitian dalam rangka memback-up kebijakan pemerintah. Paparan Bupati diharapkan mampu menjadi motivasi bagi para dosen untuk melakukan penelitian. Seminar kali ini dihadiri 216 peneliti dari 72 perguruan tinggi, swasta maupun negeri. Tidak hanya PTKI, beberapa dosen pada perguruan tinggi umum juga hadir menjadi peserta. Seminar Nasional Temu Jaringan Peneliti ini berlangsung selama 2 hari, pada tanggal 21-22 Januari 2017.

To Top