Kampus

Empat Kampus PTKIN dapat Bantuan IsDB

gedung kampus uin sumut

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Setelah melalui proses panjang sejak 2013 lalu, keempat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yakin IAIN Mataram, UIN Walisongo Semarang, UIN Raden Fatah Palembang, dan UIN Sumatera Utara akan mendapat bantuan dari The Islamic Development Bank (IsDB).

Empat yang tergabung dalam proyek Four in One tersebut akan mulai melakukan pembangunan sarana prasaranya untuk menunjang proses belajar mengajar yang lebih baik, bermutu, dan berkualitas.

Project Manajer Four in One, Mizan Syaroni mengatakan, proyek bantuan IsDB ini merupakan kelanjutan bantuan IsDB kepada PTKN yang dimulai sejak 2002 lalu. Hingga kini, ada 11 PTKN di lingkungan Kemenag yang telah menerima bantuan tersebut.

“Selain 4 PTKN ini, juga sedang berjalan proses 6 PTKN lagi yang telah disetujui IsDB,” terang Mizan yang juga Kasi Penjaminan Mutu Kelembagaan Diktis, Ditjen Pendis, kemarin (10/1/2017).

Menurutnya, tahapan yang berlangsung saat ini adalah proses desain perencanaan yang diharapkan akan selesai dalam dua bulan ke depan. Diperkirakan, pembangunan sarana prasarana di IAIN Mataram (dan 3 PTKN lainnya) memakan waktu 16 bulan.

“Tahapan berikutnya adalah pembangunan melalui lelang yang kemungkinan besar memakan waktu 6 bulan. Jadi Bulan September/Oktober bangunan sudah bisa kerjakan. Insya Allah awal 2019, hasil pembangunan ini sudah bisa dimanfaatkan,” harapnya.

To Top