Kampus

Kebijakan Larangan Cadar jangan Mengganggu Hak Asasi

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menanggapi kebijakan pembinaan mahasiswi bercadar di UIN Suka Yogyakarta, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mengingatkan agar kebijakan tersebut tak mengganggu hak asasi yang dimiliki oleh orang lain. Kendati demikian, Nasir menyerahkan masalah itu kepada rektor.

“Saya serahkan ke rektor urusan seperti itu. Itu hak orang, jangan sampai diganggu gugat. Yang penting itu saja. Dia mau jilbab, mau ini, silakan, tapi hak orang (jangan diganggu),” ujar Nasir di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (5/3/2018).

Menurut Nasir, masalah penggunaan cadar bukanlah persoalan ajaran agama. Ia pun kemudian meminta agar masyarakat dapat memisahkan antara budaya dan ajaran agama. Selama ini, masalah pemahaman dan penafsiran mengenai bercadar sering berujung pada perbedaan yang cenderung bersifat ideologis.

Nasir pun menegaskan, Kemenristekdikti tidak akan mempersiapkan langkah khusus terkait pembinaan khusus terhadap mahasiswa bercadar di UIN Suka Yogyakarta. “Tidak (ada langkah khusus). Karena orang akan mengerti sendiri,” ujar Nasir.

To Top