Kampus

LP3M Unismuh Buat Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran di MA Muhammadiyah Gowa

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Tim Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar melaksanakan Pengabdian Masyarakat (PKM) dengan fokus pada meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan pengembangan Model-model pembelajaran.

Kegiatan ini dilaksanakan di MA Muhammadiyah Datarang Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa (15/6/2021).

Mereka yang melaksanakan pengabdian masyarakat yakni Nurhidaya M, S.Pd.I, M.Pd.I bertindak sebagai Ketua Tim, dan merupakan dosen Prodi Pendidikan Agama Islam didampingi, Maria Ulviani, S.Pd,.M.Pd (Anggota Tim), dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Nurfadilla Amin, S.Pd.I, M.Pd.I (Anggota Tim) dosen Pendidikan Bahasa Arab.

“Kolaborasi guru dan dosen ini memiliki tujuan meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MA Muhammadiyah melalui pelatihan pengembangan model-model pembelajaran yang dapat dipakai dalam pembelajaran Daring maupun luring,” ungkap Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Unismuh Makassar, Nurhidaya, S.Pd.I.,M.Pd.I.

Lanjut, Ia menjelaskan bahwa pelatihan ini menggunakan media interaktif dan metode ceramah. “Kita berharap melalui model ini menjadi masukan untuk bahan pembelajaran di MA Muhammadiyah Datarang,” harapnya.

Terpisah disampaikan, Kepala Sekolah MA Muhammadiyah Datarang Niswa, S.Pd selaku Mitra Pengabdian dalam sambutannya mengharapkan agar Pelatihan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan karena sangat bermanfaat khususnya bagi guru dalam mengelola pembelajaran menuju persiapan pembelajaran tatap muka nantinya.

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 25 orang yang merupakan gabungan dari MA Muhammadiyah Datarang dan MTs Muhammadiyah Datarang.

Pengabdian Kepada Masyarakat kolaborasi Guru dan Dosen ini dilakukan mengikuti beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, dilanjutkan tahap implementasi yang terakhir adalah tahap refleksi dan evaluasi.

“Terima kasih atas kunjungan, semoga berkah dan bermanfaat untuk kita semua,” harapnya.

Disamping kegiatan PKM ini, dirangkaikan pula dengan Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara Prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, dan Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar dengan MTs Datarang dan MA Muhammadiyah Datarang Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top