Kampus

Menag : UIN Sumut bisa jadi Universitas Juara

MEDAN, EDUNEWS.ID – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menantang Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara yang usianya masih relatif di bawah 50 tahun untuk merealisasikan mimpi UIN Sumut menjadi Universitas juara dalam tempo singkat sebelum usia berusia 50 tahun nanti.

“Ini Medan bung, maka saya tantang, apakah saudara-saudara sanggup (menjadi Universitas Juara dalam tempo singkat sebelum usia berusia 50 tahun nanti)?,” ujar Lukman saat menghadiri wisuda dan Dies Natalis UIN Sumut ke-43, Jum’at (18/11/2016).

Lukman mengatakan tantangan ini bukan tanpa alasan, pertama, UIN sumut termausk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang mendapatkan Project Islamic Development Bank (IDB) 4 in 1, sehingga nanti akan ada kebanggaan terhadap sarana prasarana kampus yang dibangun. Kedua, akan ada peningkatan dan pengembangan SDM keluar negeri, seperti kursus singkat dan kerjasama pertukaran SDM.

“Ketiga, kesempatan untuk mengepakkan sayap di dunia internasional dan dikenal secara akademis, maka UIN Sumut di persilahkan untuk menjadi tuan rumah AICIS ( Annual international Conference on Islamic Studies) ke – 17 nanti,” ucap Lukamn.

Ke empat, untuk menjadi universitas juara, banyak universitas dunia di bawah usia 50 telah menorehkan prestasi, sehingga UIN sumut bisa belajar dari universitas terbaik dunia seperti Westrern Sydney University di Australia, Concordia University di Canada. Kelima, hal pendongkrak SDM adalah pemberian kesempatan untuk mengikuti beasiswa program 5.000 Doktor .

“Semuanya dilakukan untuk meningkatkan kualitas universitas menuju universitas juara,” pungkas Lukman.

To Top