Kampus

Menag minta Alumni PTKIN punya Kecerdasan Kultural

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan sambutan pada Sidang Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana, sekaligus Dies Natalis UIN Sumatera Utara ke-43, Medan, Jumat (18/11/2016).

MEDAN, EDUNEWS.ID – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan alumni perguruan tinggi agama memiliki kecerdasan kultural yang mampu menangkap realitas jatidiri ke-Indonesiaan. Menurutnya, realitas beragama dan keberagaman harus dihargai.

“Cara ini akan menjadikan alumni PTKIN lebih bijaksana, memiliki kepekaan, dan tidak kagetan dalam menyikapi isu kontemporer,” kata Lukman saat memberikan sambutan pada Sidang Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana, sekaligus Dies Natalis UIN Sumatera Utara ke-43, Medan, Jumat (18/11/2016).

Di hadapan lebih 350 wisudawan program Sarjana dan Pasca Sarjana, Menag tegaskan bahwa kecerdasan kultural mensyaratkan pemahaman dan keyakinan akan eksistensi orang lain yang perlu sama-sama dihargai.

Menag berharap, di tengah tantangan global, civitas akademika perguruan tinggi keagamaan mampu menjaga kerukunan, keutuhan NKRI, serta memperkuat nilai toleransi.

Pada kesempatan sama, Rektor UIN Sumut, Saidurrahman mengharap alumni yang baru diwisuda dapat memberikan kontribusi terbaiknya. UIN yang baru bertransformasi dari IAIN tiga tahun lalu itu kini telah memiliki 15.351 mahasiswa dan telah menghasilkan 41.423 alumni.

UIN memiliki delapan fakultas yang siap menjadi pilihan lulusan Madrasah Aliyah, SMA dan lainnya yang akan melanjutkan pendidikan. UIN Sumut juga telah membuka Sekolah Pascasarjana, baik jenjang S2 maupun S3.

To Top