Kampus

Perencanaan Pembangunan Project IsDB UIN Walisongo Disepakati

SEMARANG, EDUNEWS.ID – UIN Walisongo menjadi salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Negeri yang mendapat bantuan dari The Islamic Development Bank (IsDB) dalam Project Four in One. Proyek tersebut mulai direalisasikan awal tahun ini, diawali dengan pembuatan desain perencanaan.

Ketua Project Manajegement Unit (PMU) Four In One Mizan Syaroni mengatakan bahwa desain perencanaan pembangunan gedung di UIN Walisongo Semarang yang dibiayai oleh IsDB sudah disepakati oleh pihak user dan konsultan. Mizan bahkan memuji hasil desainnya yang dinilai sudah baik dan komprehensif.

“Secara garis besar, proyek IsDB di UIN Walisongo berjalan baik. Desainnya juga telah disepakati oleh user dan konsultan, pembuatan desainnya juga tepat waktu dan hal-hal lainnya berjalan baik,” kata Mizan yang juga Kasi Penjaminan Mutu Kelembagaan Direktorat Pendidikan Islam di sela kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Review on Detail Engineering Design (DED) di Auditorium I Kampus I UIN Walisongo Semarang, kemarin (18/1/2017).

“Ini tinggal detailnya desain bangunan, seperti mengkalkulasi cost masing-masing unit dan lain sebagainya sebelum disetujui dan dibangun. Memang saat ini, kita baru tahap ini,” tambahnya.

Mizan optimis, batas waktu detail desain pada 28 Maret 2017 yang akan datang, bisa berjalan sesuai harapan. Menurutnya, desain ini sudah mengakomodir dan mempresentasikan beberapa unsur, baik lokal, religi, dan ilmu pengetahuan. Bahkan, gambaran landscape seperti penataan taman, green campus, dan lainnya juga sudah mencerminkan sebuah kampus modern yang ideal.

“Saya melihat, desainnya cukup komprehensif. Tidak semata hanya bangunan, namun juga penataan, bahkan loby, toilet dan lain sebagainya sudah diperhatikan dan diantisipasi secara detail. Progressnya sudah bagus,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris PMU Adib Abdushomad berharap, bantuan IsDB ini mampu mendukung pencapaian visi dan misi UIN Walisongo, terkait integrasi ilmu agama dan sains yang menjadi salah satu tujuan transformasi UIN dari sebelumnya IAIN. Ke depan, lanjut Adib, integrasian Islam dan pengetahuan dengan konsep unity of science di UIN Walisongo diharapkan lebih kentara, sehingga tidak ada lagi dikotomi antara keilmuan keislaman dan umum.

Menurutnya, bangunan project Four in One didesain secara iconic agar lebih menarik. Arsitektur bangunan project Four in One di UIN didesain untuk memberi kenyamanan civitas akademika dan mayarakat untuk belajar, meneliti, dan melakukan aktivitas kampus lainnya.

Adib berharap, ke depan UIN Walisongo mampu menjadi kampus kebanggaan dan destinasi, tidak hanya di Jawa Tengah, namun juga di Indonesia. “Syukur-syukur menjadi world class university. Targetnya ke sana,” imbuh Kasi Mutu Akademik Diktis tersebut.

UIN Walisongo Semarang adalah satu dari empat kampus yang tergabung dalam proyek Four in One. Tiga perguruan tinggi Islam lainnya adalah IAIN Mataram, UIN Raden Fatah Palembang, dan UIN Sumatera Utara.

Setelah melalui proses panjang sejak 2013 lalu, keempat PTKN ini mendapat bantuan dari IsDB. Tahun 2017 ini, keempat kampus tersebut akan mulai melakukan pembangunan sarana prasaranya untuk menunjang proses belajar mengajar yang lebih baik, bermutu, dan berkualitas.

To Top