Kampus

Program 100 Doktor Pendidikan Agama Buddha Resmi Dilaksanakan

Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kemenag, Nur Syam saat memberikan sambutan pada International Association of Theravada Buddhist Universities (ATBU) Conference, di Hotel Grand Artos, Magelang, Jum'at (11/11/2016).

MAGELANG, EDUNEWS.ID – Kementerian Agama (Kemenag) meresmikan pelaksanaan program 100 Doktor untuk Pendidikan Agama Buddha. Program tersebut akan berlangsung hingga lima tahun ke depan.

“Kami akan mengirim 20 orang untuk menempuh pendidikan strata tiga setiap tahun, baik di universitas dalam negeri atau luar negeri,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kemenag, Nur Syam saat memberikan sambutan pada International Association of Theravada Buddhist Universities (ATBU) Conference, di Hotel Grand Artos, Magelang, Jum’at (11/11/2016).

Nur Syam melanjutkan, program tersebut tidak hanya untuk konsentrasi pendidikan agama Buddha namum juga terbuka untuk bidang-bidang lainnya yang mendukung pengembangan kualitas SDM di lembaga-lembaga pendidikan Buddha.

“Kami melihat lembaga pendidikan Buddha di Indonesia perlu dipercepat kualitas SDM-nya. Karena itu, program ini sudah kita anggarkan lewat Direktorat Jenderal Bimbingan Masyatakat Buddha,” ungkap Nur Syam.

Ia mengaku bahwa kualitas SDM masih menjadi kendala dalam sistem akreditasi maupun peningkatan taraf kualitas lembaga pendidikan tinggi agama Buddha. Dan, salah satu faktornya adalah minimnya jumlah doktor yang tersedia.

“Program ini tidak hanya terbuka bagi para dosen yang sudah mengajar di perguruan tinggi Agama Buddha, tetapi juga fresh graduate untuk program S2, selama memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan,” paparnya.

Nur Syam manambahkan bahwa di Indonesia telah berdiri 14 lembaga pendidikan tinggi agama Buddha, dengan dua di antaranya berstatus negeri, sedangkan sisanya swasta. Dengan semakin berkualitasnya para dosen agama Buddha dan lembaga pendidikan Buddha, Nur Syam berharap ke depan akan dapat terlahir mahasiswa yang berkualitas pula. Dengan demikian, angka partisipasi kasar (APK) yang sedang dikembangkan akan lebih baik.

To Top