Kampus

Tragedi Mapala UII, Ini Tuntutan IKPM-L Yogyakarta

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Kegiatan ‘The Great Camping‘ yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UNISI Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pada tanggal 13-20 Januari 2017 berujung pada tewasnya 3 orang mahasiswa kampus tersebut. Salah satunya adalah Ilham Nurfadmi Listia Adi yang merupakan mahasiswa UII angkatan tahun 2015.

Mengenai hal tersebut, Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Lombok (IKPM-L) Yogyakarta mengutuk atas tewasnya Ilham yang merupakan mahasiswa asal Kabupaten Lombok Timur, NTB.

“Kami mengutuk segala bentuk tindak kekerasan baik fisik maupun mental didunia pendidikan dengan alasan apapun. Kami juga menuntut pihak kampus UII untuk bertanggungjawab penuh terhadap segala konsekuensi yang disebabkan oleh kelalaian panitia penyelenggara yang mengakibatkan adanya korban meninggal, termasuk keluarga kami, Ilham,” ujar mereka didepan asrama mahasiswa Lombok Timur, di Yogyakarta, Kamis (26/1/2017).

Lebih lanjut mereka mendesak pihak kepolisian untuk segera menuntaskan kasus tersebut secara transparan, objektif, dan akuntabel. Selain itu, mereka juga meminta kepada pihak rektorat UII untuk memberikan jaminan rasa aman dan nyaman dalam perkuliahan khususnya bagi mahasiswa Lombok yang sedang menempuh pendidikan dikampus tersebut.

“Kami juga menghimbau kepada semua mahasiswa Lombok yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta agar tidak terpengaruh terhadap segala bentuk provokasi yang mengancam kerukunan dan keutuhan berbangsa dan bernegara,” pungkas mereka.

To Top