Kampus

Wapres Dianugerahkan sebagai Pejuang Sosial Kemanusiaan

 

 

SOLO, EDUNEWS.ID – Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla akan mendapatkan penghargaan UNS Award dalam bidang Sosial dan Kemanusiaan “Parasamya Anugraha Darma Kridha Baraya” sebagai anugerah tertinggi dari UNS di bidang sosial kemanusiaan.

Penghargaan pada Jusuf Kalla akan diberikan dalam acara puncak peringatan Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ke-42 yang jatuh pada 12 Maret 2018.

Rektor UNS Ravik Karsidi menyampaikan banyak pertimbangan dan kriteria sebelum memilih tokoh yang akan diberikan penghargaan oleh UNS. Pertimbangannya bukan apa kontribusi yang diberikan untuk kampus UNS, namun lebih luas lagi yakni apa yang sudah diberikan tokoh tersebut untuk bangsa dan negara.

Pihak UNS sudah menyampaikan kepada Jusuf Kalla terkait pemberiaan penghargaan dari UNS, dan rencananya akan hadir langsung dalam acara tersebut. “Penghargaan ini tidak terkait dengan sumbangan (yang diberikan pada UNS). Akan tetapi Jusuf Kalla dipilih karena memiliki kontribusi yang besar untuk bangsa dan negara,” jelas Ravik, Kamis (1/3/2018).

Selama itu, lanjut Ravik, sepak terjang dan kiprah Jusuf Kalla dalam bidang sosial sudah tidak diragukan lagi. Jusuf Kalla aktif sebagai ketua PMI yang sigap dalam ketika bencana terjadi.

Selain sebagai Ketua PMI, Jusuf Kalla pun menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia dan menjadi juru damai yang ulung untuk berbagai konflik sosial di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Ketokohan Jusuf Kalla sebagai seorang Wakil Presiden juga sudah tidak diragukan lagi.

“Beliau juga banyak juga memiliki jasa dalam perundingan damai di Aceh, Poso, Maluku. Bahkan kenyataannya beliau ini banyak mendapat gelar doktor honoris clausa dalam banyak hal salah satunya di bidang kemanusiaan,” pungkas Ravik.

To Top