EDUNEWS

Menteri Muhadjir Akan Ubah Komite Sekolah Jadi Badan Gotong Royong Sekolah

JAKARTA, EDUNEWS.id–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan mengubah komite sekolah menjadi Badan Gotong Royong Sekolah. Untuk itu, saat ini pihaknya tengah menyusun pedoman tentang badan yang fungsinya sebagai wadah konsultasi pengawasan bantuan terhadap sekolah ini.

“Badan ini nantinya melibatkan berbagai elemen seperti tokoh masyarakat, pimpinan daerah, orang tua siswa dan pihak sekolah sendiri serta pemerhati penedidikan,” kata Muhadjir saat ditemui wartawan di Gedung A, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Ahad (28/8/2016).

Muhadjir berpendapat, upaya ini dilakukan tidak terlepas dari fungsi pendidikan. Dengan kata lain, tanggung jawab pendidikan sebenarnya tidak hanya pemerintah dan sekolah tapi juga masyarakat. Oleh sebab itu, ia menilai perlu dibentuk wadah nyata sumbangan mereka terhadap perkembangan sekolah. Sebab, kata dia, sekolah pada umumnya berdasar pada manajemen partisipasi masyarakat.

“Jadi itu dasarnya, kita gunakan pendekatan manajemen berbasis sekolah dan partisipasi masyarakat. Dengan demikian, sekolah dapat jadi sumber belajar dan akan kita kerahkan melalui badan ini,” kata Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

[Republika]

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com