Pendidikan

50 persen Sekolah di Indonesia Minim Sarana dan Prasarana

Anggota Komisi X DPR MY Esty Wijayati

JAYAPURA, EDUNEWS.ID – Banyak sarana prasarana maupun fasilitas yang belum memadai di sekolah SMA YPPK Taruna Dharma, SMK 1 Jayapura, dan SMA 5 Jayapura. Padahal secara lokasi, ketiga sekolah itu masih berada di perkotaan.

“Tidak hanya di Jayapura, lebih dari 50 persen sekolah di Indonesia, sarana prasarana masih minim. Ada regulasi yang membuat sekolah kesulitan untuk mendapat sarana dan prasarana yang memadai. Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama. Kemendikbud dan Kemenrisktekdikti kita harapkan ada regulasi khusus untuk daerah-daerah yang perlu percepatan, salah satunya Papua,” tegas Anggota Komisi X DPR MY Esty Wijayati saat unjungan Kerja Komisi X DPR ke Jayapura, Papua, Selasa (1/11/2016).

Esty mengatakan akan mendorong percepatan pendidikan di Provinsi Papua. Untuk itu Komisi X DPR RI akan membentuk Panitia Kerja (Panja) pendidikan untuk Papua, maupun Papua Barat. Pasalnya, kedua provinsi yang berada di timur Indonesia masih mengalami banyak ketertinggalan.

Esty menambahkan, persoalan pendidikan di Papua sangatlah kompleks. Sehingga dalam memperlakukan dan membuat kebijakan untuk Papua tidak bisa disamakan dengan membuat kebijakan untuk daerah-daerah lain. Bukan hanya sarana dan prasarana, tapi juga Sumber Daya Manusia dan kelanjutan pendidikan murid yang akan menmpuh pendidikan di tingkat berikutnya.

To Top