Kampus

Akademisi Pengkaji Keislaman Sambut Baik AICIS 2016

Menag Lukman Hakim Saifuddin menerima buku makalah AICIS 2016 dari Rektor IAIN Lampung.

LAMPUNG, EDUNEWS.ID – Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-16 tahun 2016 disambut baik oleh kalangan akademisi pengkaji keislaman di Indonesia. Hal ini ditandai dengan 1600 makalah yang didaftarkan. Jumlah ini merupakan yang terbanyak sepanjang penyelenggaraan AICIS yang sudah memasuki tahun ke-16.

“Jumlah makalah sebanyak 1.692, merupakan jumlah makalah yang terbesar sepanjang penyelenggaraan AICIS,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin saat pembukaan AICIS tahun 2016 di Bandar Lampung, kemarin (1/11/2016).

Ribuan makalah yang masuk kemudian diseleksi hingga diperoleh 224 makalah, dengan komposisi 120 makalah masuk kategori A dan sisanya kategori B.

“Makalah-makalah yang masuk dalam kategori A sebagian besar akan diterbitkan dalam jurnal internasional yang terindeks di scopus. Sedangkan makalah yang masuk ke dalam kategori B akan dipublikasikan oleh panitia,” kata Dirjen.

Dirjen Pendis mengapresiasi pengelola jurnal internasional, para rektor yang memiliki perhatian pada jurnal, serta para pihak yang senantiasa menginisiasi program prioritas dalam mewujudkan jurnal yang terakreditasi secara internasional (terindeks di scopus).

Berbeda dengan sebelumnya, lanjut Kamaruddin, rangkaian kegiatan AICIS ke-16 dipusatkan di kampus IAIN Raden Inten Lampung. Hal ini dimungkinkan, terang Dirjen, karena kampus IAIN Raden Intan merupakan kampus yang cukup luas di Lampung.

Sejumlah narasumber sudah mengkonfirmasi kehadirannya pada forum akademis yang akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 4 November 2016. Mereka berasal dari sejumlah negara, di antaranya Tunisia, Australia, Mesir, Inggris, Brunei, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

To Top