Pendidikan

Mendikbud Keluhkan Kurangnya Sinergitas Pemerintah Pusat dengan Pemda

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pemerintah melakukan pembahasan khusus terkait pemerataan sebaran guru pada Rembuk Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017 yang digelar di Pusdiklat Kemendikbud, Sawangan, Depok. Pemerataan guru menjadi sangat penting karena berkaitan dengan program guru garis depan dan peningkatan standar kualitas guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan, banyak masalah yang harus diselesaikan untuk memperbaiki dunia pendidikan. Menurut dia, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi sangat penting untuk mencapai target-target program yang akan diimplementasikan pada 2017.

“Banyak program dengan fokus utama program KIP dan penguatan pendidikan dan karakter. Ini yang akan kami berikan perhatian lebih, saling ketergantungan antara Kemendikbud dan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kota soal pendidikan. Karena kita ketahui pendidikan ini sudah diotonomikan,” kata Muhadjir, Kamis (26/1/2017).

Tetapi di satu sisi, lanjut Muhadjir, tanggung jawabnya seringkali dianggap masih jadi tanggung jawab permerintah pusat termasuk soal sebaran guru. Ini harus dirumuskan dengan cermat karena banyak hal yang harus diperbaiki.

To Top