Pendidikan

Tempo Undang Pers Mahasiswa Belajar Investigasi

ILUSTRASI

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Tempo Media Group bekerja sama dengan Forum Alumni Aktivis Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (FAA PPMI) mengadakan program magang investigasi di Tempo untuk pers mahasiswa. Program ini akan berlangsung selama 3 bulan, dimulai pada Senin 9 Januari 2017.

Pengurus FAA PPMI di bidang advokasi, Franditya Utomo, mengatakan satu gelombang magang paling banyak diikuti 4 orang, yang merupakan perwakilan dua  lembaga pers mahasiswa.

“Mereka akan mengikuti program magang investigasi di Tempo selama 1 bulan penuh,” kata Franditya, Minggu (13/11/2016).

Waktu tiga bulan itu terbagi atas 1 bulan pelatihan dan magang di Tempo, lalu peserta magang menyelesaikan liputan di kampus masing-masing 2 bulan berikutnya.

Redaktur Pelaksana Desk Investigasi Tempo, Philipus Parera, mengatakan peserta magang akan diajarkan teknik-teknik investigasi mulai dari perencanaan hingga produksi.

“Mereka bisa terlibat atau tandem dengan wartawan kami, melakukan investigasi. Dari situ kami berharap mereka bisa belajar banyak. Setiap anggota magang juga akan didampingi oleh seorang mentor. Untuk supervisi investigasi yang mereka rencanakan dalam proyek ini,” ujar Philip.

Sekretaris Jenderal PPMI, Abdus Somad, mengatakan program ini adalah hal yang positif bagi keberlangsungan hidup pers mahasiswa ke depan.

“Melatih persma untuk menulis investigasi merupakan sebuah gebrakan baru di tubuh persma,” ucap dia.

Menurut Somad, biasanya awak pers mahasiswa menulis berita dalam bentuk in-depth news atau liputan yang mendalam. Tulisan itu mereka muat di media masing-masing.

Tapi kini ada magang di Tempo dengan liputan investigasi, tentu saja menjadi sebuah tantangan bagi persma untuk mencobanya Jika memenuhi standar Tempo, hasil liputan mahasiswa ini juga akan dimuat di Majalah Tempo, Koran Tempo atau Tempo.co.

Somad berharap program seperti ini terus berlanjut. Somad mengatakan sejak pengumuman magang ini diluncurkan, banyak aktivis pers mahasiswa bertanya cara ikut dan mendaftar program ini.

Baca Juga :   Nadiem Cabut Aturan Pramuka sebagai Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah

 

[Tempo]

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com