Pendidikan

Wacana Sekolah Terima Pungutan, Kadisdikbud Lampung Sebut Penyelenggaraan Pendidikan Butuh Biaya Besar

ILUSTRASI

BANDARLAMPUNG, EDUNEWS.ID – Wacana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang memperbolehkan sekolah menerima pungutan menua beragam reaksi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Lampung Sulpakar menyetujui rencana Kemendikbud memperbolehkan sekolah memungut iuran baik dari SPP maupun sumbangan para alumni dan donatur. Dia mengatakan bahwa penyelenggaraan pendidikan butuh biaya yang besar, tidak bisa hanya memanfaatkan anggaran daerah ataupun pusat agar fasilitas sekolah memadai.

“Saya setuju dan diakui butuh dana besar untuk mengelola sekolah, enggak cukup kalau pake BOS aja, tapi tetap pelaksanaannya kita awasi dan sesuai dengan kemampuan wali murid, pokoknya jangan sampai bentuknya mengarah ke komersialisasi,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemendikbud berencana memperbolehkan sekolah menerima sumbangan masyarakat guna memajukan pendidikan diwujudkan dalam revitalisasi komite sekolah. Hal itu diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

To Top