Regulasi

Pengamat Sebut Meski Rencana Full Day School Baik, Perlu ada Langkah Percobaan

JAKARTA, EDUNEWS.id–Pengamat Pendidikan Arief Rachman menyetujui anjuran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy ihwal siswa sekolah sehari penuh. Menurut dia, sudah ada sekolah yang menerapkan kegiatan ini hingga sore hari.

“Saya selama ini telah menangani sekolah yang sampai sore. Yang paling penting kan sekolahnya menyenangkan, bermakna, bermatabat dan menjadi unggulan dalam segala hal seperti pada kepribadiannya maupun akademisnya,” kata Arief saat dihubungi wartawan, Senin (8/8/2016).

Arief mengaku tidak mempermasalahkan anjuran Mendikbud Muhadjir. Sebab, tidak semua peserta didik memiliki kegiatan ‘jelas’ saat di rumah atau di luar sekolahnya. Oleh karena itu, sekolah memang lebih baik mengadakan kegiatan bermanfaat bagi peserta didiknya hingga sore.

Meski menyepakati anjuran Mendikbud, Arief berharap, pemerintah bisa melaksankan uji coba terlebih dahulu pada sekolah baru. Dengan kata lain, pemerintah harus melihat dulu kelayakan program di sekolah yang belum pernah sama sekali melakukan sistem tersebut. “Kondisi setiap sekolah itu kan berbeda. Ide baik belum tentu bisa diterapkan di seluruh Indonesia secara serentak. Jadi jangan langsung dibuat aturan secara serentak tapi uji coba dahulu,” tegas dia.

Sebelumnya, Mendikbud Muhadjir Effendy menilai pendidikan dasar dan menengah masih kesulitan menghadapi pesatnya kemajuan zaman. Akibatnya, sistem pendidikan belum sepenuhnya menghasilkan lulusan yang tangguh dan berdaya saing tinggi. Untuk membenahi karakter generasi muda, ia menyarankan agar sekolah negeri maupun swasta mulai melirik sistem belajar full day school.

“Anak-anak muda zaman sekarang masih banyak yang bermental lembek dan tidak tahan banting,” katanya pada Ahad (7/8) di Malang.

Full day school dinilai dapat membendung pengaruh-pengaruh buruk yang diterima anak saat orang tua sibuk bekerja dan tak sempat mengawasi. Selama satu hari di sekolah, banyak hal yang bisa dipelajari anak-anak untuk menambah wawasan mereka.

[Republika]

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com