SEKOLAH

‘Job Matching’ Diklaim Mampu Kurangi Pengangguran

GOWA, EDUNEWS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempunyai program nasional untuk mengurangi pengangguran lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan mempromosikan sumber daya SMK.

Dikenal dengan nama Job Matching SKM 2016, program ini dilaksanakan di 34 provinsi. Program tersebut bertujuan mempertemukan pencari kerja dengan dunia usaha dan industri. Perwakilan Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud, Agus Wibowo mengatakan, program ini bertujuan meningkatkan daya serap alumni SMK di lapangan kerja.

“Program ini mendapat tanggapan positif bagi perusahaan dan industri, atas program ini dalam peningkatan citra SMK dan meningkatkan kesejahteraan serta mengurangi pengangguran bagi SMK,” ucapnya saat pembukaan Job Matching SMK 2016 di Baruga Punggawa, SMK Negeri 2 Somba Opu, Selasa (8/11/2016).

Menurut Agus, kegiatan ini bersifat memasarkan tamatan SMK. Ia pun mengungkapkan bahwa untuk Provinsi Sulsel, Kota Makassar dan Kabupaten Gowa lah yang terpilih untuk melaksanakan program pemasaran tamatan SMK ini.

Senada dengan itu, Kepala SMK Negeri 2 Somba Opu, Asman Nur menjelaskan, kegiatan ini sudah dipersiapkan sejak Agustus lalu. Kegiatan ini pun ia klaim diikuti oleh 43 perusahaan yang mampu menyerap 4.527 peluang kerja. Dengan harapan, agar alumni SMK di Gowa mendapatkan pekerjaan di bidangnya masing-masing dan bisa memilih di perusahaan atau industri mana ia akan mengabdi.

Job Matching SMK ini merupakan wujud nyata komitmen kita untuk memberikan peluang kerja bagi alumni SMK Kabupaten Gowa karena alumni SMK asal Gowa memiliki kompetensi untuk bersaing mendapatkan pekerjaan pada Job Matching ini,” tambahnya di hadapan para pelajar dan alumni SMK Negeri 2 Somba Opu.

To Top