Gaya Hidup

7 Minuman Berikut Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi

HEALTH, EDUNEWS.ID-Diet untuk menurunkan berat badan sering kali hanya fokus pada makanan yang dikonsumsi. Padahal minuman juga turut memengaruhi asupan kalori harian.
Minuman seperti milk boba, milk tea, milk shake atau cappuccino sangat tinggi kalori dan gula yang berpotensi membuat program diet gagal. Selain itu minuman-minuman tersebut juga bisa menambah risiko penyakit diabetes tipe 2. jantung, gigi keropos dan ginjal apabila dikonsumsi berlebihan.

Untuk mendukung program diet agar berhasil mencapai target penurunan berat badan, minuman sehat dan rendah kalori juga harus dikonsumsi. Berikut ini tujuh minuman untuk menurunkan berat badan, seperti dikutip dari Prevention.

1. Air Putih
Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari sangat bermanfaat membantu penurunan berat badan. Selain menghidrasi tubuh juga menjaga tingkat energi tetap stabil.

“Minum cukup air putih setiap hari bisa meningkatkan hidrasi pada tubuh dan membantu meningkatkan level energi serta mood. Selain itu minum air putih sebelum makan membuat perut terasa lebih kenyang sehingga kamu bisa mengontrol porsi makan,” ujar pakar nutrisi Erin Palinski-Wade, R.D., C.D.C.E.S.

2. Teh Hijau
Sudah banyak orang yang mengenal manfaat teh herbal ini. Teh hijau merupakan sumber anti oksidan paling kuat yang dapat bantu memperbaiki fungsi tubuh. Selain itu teh hijau juga kaya akan catechin, jenis antioksidan yang dipercaya meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak. Namun konsumsinya harus dibatasi tidak lebih dari dua cangkir sehari.

3. Air Lemon
Karena air lemon rendah kalori, bisa sebagai pengganti yang bagus untuk minuman yang kurang sehat seperti soda, es teh, dan jus yang kerap mengandung tambahan gula. Manfaat air lemon dapat membatasi asupan kalori dan berpotensi membantu penurunan berat badan.

Sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan untuk orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas, mengganti minuman berkalori tinggi dengan air atau minuman non-kalori seperti air lemon membantu penurunan berat badan rata-rata 2% hingga 2,5% setelah enam bulan.

4. Jus Mentimun
Menurut Dr. Anju Sood, seorang ahli gizi di Bangalore, jus mentimun bisa dikonsumsi sebagai minuman untuk menurunkan berat badan. Jus ini kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan metabolisme. Selain itu jus mentimun juga rendah kalori sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin menjaga atau menurunkan berat badannya.

5. Kopi
Satu cangkir kopi hitam sebelum olahraga bermanfaat membantu penurunan berat badan. Minumlah kopi hitam tanpa gula dan susu minimal 30 menit sebelum berolahraga untuk mendapatkan efek yang maksimal. Minum kopi sebelum berolahraga bisa membantu membakar lebih banyak lemak dan kalori.

6. Infused Water
Mengganti minuman berkalori tinggi dengan air tidak hanya menurunkan kadar kalori setiap habis makan, tetapi juga meningkatkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Jika bosan dengan air putih biasa, isi segelas air dengan es batu dan campuran di dalamnya, seperti irisan ketimun, irisan jeruk nipis, kemangi, dan daun mint.

7. Air Kelapa
Minum air kelapa setelah olahraga lebih sehat dibandingkan energy drink yang mengandung banyak gula dan kalori. Kandungan air kelapa yang rendah gula juga baik untuk kesehatan tubuh dan mempercepat penurunan berat badan. Karena itu air kelapa juga termasuk minuman untuk menurunkan berat badan. (int/dtk)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });