Kesehatan

Sudah Diet tapi Susah Turunkan Berat Badan ? Perhatikan 7 Penyebabnya!

HEALTH, EDUNEWS.ID-Berat badan susah turun meski sudah berusaha diet sangat mungkin terjadi. Lantas kenapa berat badan susah turun walaupun sudah diet?

Ada banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan penurunan berat badan. Agar berhasil turun berat badan, Anda perlu memperhatikan ulang kebiasaan dan pola makan sehari-hari.

Dengan mengetahui penyebab berat badan susah turun, diharapkan usaha keras diet Anda tak sia-sia.

Dilansir dari cnnindonesia, berikut 7 penyebab berat badan susah turun meski sudah melakukan program diet :

1. Kurang asupan protein
Kurang asupan protein bisa menjadi salah satu penyebab kenapa berat badan susah turun Selain makan sayur dan buah, tubuh juga membutuhkan protein sebagai sumber energi.

Mengonsumsi protein yang cukup dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi beberapa ratus kalori per harinya.

Selain itu, protein dapat membuat perut cepat kenyang sehingga cenderung makan lebih sedikit serta menekan godaan ngemil.

Baca juga : Ternyata, Diet Bisa Berdampak Negatif terhadap Kesehatan Mental

2. Jarang minum air putih
Jarang minum air putih bisa menjadi salah satu penyebab kenapa berat badan susah turun
Minum air putih dapat membantu turun berat badan dengan lebih cepat. Ini dibuktikan dalam penelitian yang menguji kebiasaan pelaku diet yang minum air putih sebelum makan.

Hasilnya, minum setidaknya setengah liter sebelum makan berhasil menurunkan berat badan daripada mereka yang tidak.

Minum air putih tak hanya meningkatkan efek perut kenyang, tapi juga memicu proses pembakaran kalori sebesar 24-30 persen, mengutip Healthline.

3. Tidak mengurangi karbohidrat
Tidak mengurangi karbohidrat bisa menjadi salah satu penyebab kenapa berat badan susah turun.
Masyarakat Indonesia memang identik dengan makan nasi setiap harinya. Akan tetapi jika ingin diet berhasil, kurangi porsi nasi putih yang Anda makan.

Agar tetap kenyang, ganti porsi nasi yang dipangkas dengan sayuran, lauk tinggi protein, dan buah-buahan.

Selain itu, makanan tinggi karbohidrat lain seperti roti, mi instan, pasta, kue-kuean, kentang goreng juga sebaiknya dihindari dulu.

Sebab makanan tersebut mengandung tinggi indeks glikemik yang dapat merangsang produksi lemak berlebih.

4. Masih sering makan dan minum manis
Masih sering makan dan minum manis bisa menjadi salah satu penyebab kenapa berat badan susah turun.
Penyebab kenapa berat badan susah turun selanjutnya adalah masih sering makan dan minum manis. Kalori tak hanya terkandung dalam nasi atau makanan berkarbohidrat saja.

Camilan dan aneka minuman manis seperti kopi susu, boba, soda, minuman kemasan, alkohol mengandung kalori yang tinggi yang dapat mengakibatkan berat badan susah turun.

Sebaiknya hindari jenis makanan dan minuman manis tinggi gula agar program diet Anda tak sia-sia.

Anda bisa mengganti minuman yang lebih sehat seperti teh hijau, kopi hitam, smoothies buah, air lemon, atau minuman rempah jahe.

Baca juga : Turun 21 Kg Sebulan, Ini Menu Diet Ivan Gunawan

5. Tubuh kurang gerak
Tubuh kurang gerak bisa menjadi salah satu penyebab kenapa berat badan susah turun.
Tubuh perlu aktif bergerak untuk mempercepat pembakaran lemak. Khususnya jika aktivitas Anda lebih banyak dihabiskan dengan duduk atau minim gerak.

Setidaknya luangkan waktu 20-30 menit per hari untuk berolahraga. Olahraga tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tapi juga baik untuk kesehatan dan kebugaran.

Anda bisa melakukan kombinasi olahraga seperti lari, bersepeda, berenang, senam, pilates, atau angkat beban untuk pembakaran kalori yang lebih optimal.

6. Cheat day kebablasan
Cheat day kebablasan bisa menjadi salah satu penyebab kenapa berat badan susah turun.
Cheat day boleh saja dilakukan saat melakukan diet. Namun seringkali pelaku diet menganggap cheat day sebagai hari balas dendam setelah sekian hari membatasi makan.

Supaya cheat day saat diet tidak kebablasan dan malah membuat berat badan kembali naik, Anda harus tetap bijaksana memilih jenis dan porsi makanan yang disantap.

Utamakan makanan yang sehat seperti kacang-kacangan, cokelat hitam, keju, susu, atau jus buah, alih-alih junk food, fast food, atau gorengan.

Baca juga : 4 Kesalahan Diet ini yang Justru Picu Penuaan Dini

7. Kurang tidur
Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab kenapa berat badan susah turun.
Tidur juga menjadi faktor penting keberhasilan turun berat badan. Sebab, kurang tidur dapat mengubah hormon dan mengganggu metabolisme yang membuat kita jadi cenderung makan makanan yang tidak sehat.

Hal ini juga dibuktikan dalam studi yang dilaporkan Sleep Foundation. Pria yang tidur hanya 4 jam mengalami peningkatan hormon lapar atau ghrelin dibandingkan dengan yang tidur selama 10 jam.

Disregulasi hormon tersebut menyebabkan peningkatan nafsu makan pada orang yang kurang tidur.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur memengaruhi preferensi makanan.

Demikian penyebab kenapa berat badan susah turun walau sudah berusaha diet. Kunci agar berat badan turun berhasil adalah mempertahankan defisit kalori dikombinasikan dengan olahraga dan tidur yang cukup.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top