Kesehatan

7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Lemak Perut Numpuk

Ilustrasi Lemak Perut

HEALTH, EDUNEWS.ID-Terlihat sepele, namun kebiasaan buruk yang bikin lemak perut numpuk ini perlu dikenali. Mulai dari makan bareng teman hingga makan saat sedang stress.
Tumpukan lemak di perut sangat mengganggu penampilan karena membuat kamu tampak buncit. Selain itu, lemak berlebih di perut juga bisa mengganggu kesehatan secara menyeluruh.

Lemak ini terbentuk dari pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Mulai dari makan tanpa mengontrol porsi hingga malas berolahraga.

Untuk menghindari lemak di perut, coba beralih pada pola makan yang lebih sehat. Selain itu hindari kebiasaan-kebiasaan sepele yang sebenarnya bisa membuat tumpukan lemak ini.

Salah satunya kebiasaan makan di piring besar. Siapa sangka hal ini bisa berakhir membuat kamu makan lebih banyak tanpa disadari.

Kebiasaan lain seperti yang dirangkum Eat This, Not That (29/9) ini juga perlu dihindari:

1. Makan bareng teman
Makan ramai-ramai bareng teman memang asyik, apalagi kalau sambil ngobrol. Namun kebiasaan ini perlu dikurangi kalau kamu tak mau lemak perut menumpuk. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition menemukan seseorang rata-rata mengonsumsi 44% makanan lebih banyak saat makan bareng teman dibanding jika makan sendiri.

Jumlah ini bahkan bertambah kalau teman yang ikut makan jadi dua orang. Seseorang bakal mencari makanan yang porsinya 47% lebih besar. Jika makan dengan 4, 6, dan lebih dari 8 orang, maka dikaitkan dengan peningkatan porsi makan 69, 70, dan 96 persen! Salah satu faktor yang disebut menyebabkan hal ini adalah waktu makan yang lebih lama saat kita makan bareng teman.

Baca juga : Ternyata, Diet Bisa Berdampak Negatif terhadap Kesehatan Mental

2. Jalani diet ketat
Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Lemak Perut Numpuk Foto: Getty Images/katleho Seisa
Pola diet yang baik adalah yang tidak mengecualikan asupan kelompok makanan tertentu dan yang tidak terlalu ketat. Sebaliknya, ketika seseorang jalani diet ketat, hal ini malah berisiko membuat berat badannya makin naik.

Ahli gizi Zanini menyebut kebiasaan diet ketat akan membuat seseorang mengalami defisiensi (kekurangan) zat gizi tertentu. “Pelaku diet mungkin juga bakal bosan dengan diet yang terlalu ketat dan berakhir makan berlebihan sesudahnya,” ujar Zanini. Ia merekomendasikan pola diet yang sehat sehingga bisa bertahan lebih lama.

3. Makan di piring besar
Terlihat sepele, namun kebiasaan buruk yang bikin lemak perut menumpuk selanjutnya adalah makan di piring besar. Sebuah penelitian Cornell menemukan 98.6 persen orang obesitas memilih makan di piring besar. Artinya: lebih banyak makanan, lebih banyak kalori, dan lebih banyak lemak menumpuk di perut.
Untuk mengakalinya, selalu batasi porsi makan. Pilih piring atau wadah makan yang lebih kecil. Cara ini bisa memastikan seseorang memantau asupan makanannya dengan lebih ketat.

4. Makan sambil beraktivitas
Kebiasaan makan sambil beraktivitas dilakukan banyak orang, baik makan sambil kerja atau sekadar makan sambil menonton televisi. Kebiasaan ini tergolong buruk karena pikiran jadi tidak fokus.

Ahli gizi Leslie Schilling berujar, “Ketika pikiranmu fokus pada hal selain makanan, kamu tidak akan menyadari apakah makanannya benar-benar enak? Apakah saya semakin kenyang? Hal ini memicu kebiasaan makan berlebih. Makanlah dengan tujuan dan pikiran yang benar-benar ‘hadir’,” ujarnya. Untuk menghindarinya, selalu meminimalisir aktivitas yang ‘mengganggu’ waktu makan.

Baca juga : Turun 21 Kg Sebulan, Ini Menu Diet Ivan Gunawan

5. Makan buru-buru
Kebiasaan makan buru-buru juga berdampak pada penumpukan lemak perut. Perlu diketahui, perut butuh waktu 20 menit untuk menyampaikan sinyal kenyang ke otak. Sebuah penelitian dalam Journal of the American Dietetic Association menemukan, seseorang yang makan perlahan mengonsumsi 66 kkal lebih sedikit dari tiap makanan yang disantap, dibanding mereka yang makan cepat.

Meski terlihat kecil, jumlah 66 kkal sejatinya cukup besar jika dikalkulasikan dengan total makanan yang disantap per hari. Untuk mengakalinya, cobalah makan perlahan. Kamu bisa ‘beristirahat’ sejenak tiap usai mengunyah sesendok makanan. Usahakan juga mengunyah makanan lebih banyak untuk mengurangi asupan kalori.

6. Tidak minum air yang cukup
Sudah bukan rahasia lagi kalau minum air yang cukup adalah kunci penting untuk kesehatan tubuh. Asupan air memastikan semua fungsi tubuh berjalan dengan normal. Bonus lainnya, semakin banyak kamu minum, semakin besar kemungkinan kamu mencegah terbentuknya lemak di perut.
Sebuah penelitian yang meminta partisipan minum dua gelas air sebelum makan menunjukkan mereka alami penurunan berat badan 30 persen lebih banyak dibanding partisipan yang tidak minum sebelum makan. Peneliti Jerman juga menemukan minum 6 gelas air dingin setiap hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang membakar 50 kalori per hari.

Baca juga : Tips Diet Sehat dari Pakar Pakar Gizi UGM, Perhatikan Rumusnya!

7. Makan saat sedang stress
Satu lagi kebiasaan buruk yang bikin kamu menumpuk lemak di perut. Makan dalam kondisi emosional atau stress menjadi salah satu faktor pemicu penumpukan lemak. Hal ini dibuktikan dalam penelitian dimana mereka yang makan saat sedang stress, 13 kali lebih mungkin alami kelebihan berat badan atau obesitas.

Kalau kamu merasa sangat ingin makan saat sedang stress, coba kunyah satu buah permen karet, minum segelas air, atau jalan kaki di sekitar rumah. Melampiaskan kondisi emosional dengan cara selain makan banyak ini diharapkan bisa menghindarkan kamu dari asupan kalori yang berlebih.

sumber : detikhealth

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com