JABODETABEK

Sandi : Tak Ada Anggaran Dikepemimpinannya Terpakai untuk Pohon Hias

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan tidak ada anggaran yang terpakai dalam pemasangan pohon hias tersebut. Bahkan pohon hias tersebut disebut tak terkait dengan anggaran Rp2,2 miliar yang akan dilelang untuk beutification Asian Games ke-18, serta anggaran pengadaan pohon sebesar 8 miliar yang disiapkan di Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta.

“Tentunya (terkait) dampak terhadap anggaran, kami sudah periksa bahwa anggaran Rp8 milliar itu salah, ataupun 2,2 milliar untuk anggaran Asian Games juga salah. Lampu-lampu tersebut, pohon-pohon plastik tersebut adalah murni stok lama yang dimiliki oleh Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat. Jadi, tidak ada anggaran yang dikeluarkan untuk pemasangan pohon hias tersebut,” tegas Wagub Sandiaga di Kawasan Monas, Jakarta Pusat seperti dikutip dalam situs resmi Pemprov DKI.

Meski demikian Sandi pun berterimakasih atas masukan membangun dari masyarakat terkait isu ini. dan kini pohon-pohon tersebut telah ditarik kembali ke gudang Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat.

“Jadi memang ada di sana (gudang) dan itu sudah stok lama yang selalu di setiap hari-hari besar atau hari kebangsaan maupun agama dipakai untuk penerangan dan memeriahkan hari-hari besar tersebut,” tambahnya.

Sebelumnya, Wagub Sandiaga menyampaikan pemasangan beberapa pohon hias adalah inisiatif dari Suku Dinas (Sudin) Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat dan bukan dilakukan oleh Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta seperti yang diberitakan.

“Untuk lampu imitasi yang dipasang di sepanjang Thamrin dan Merdeka Barat murni inisiatif dari Sudin (Suku Dinas) Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat. Tentunya inisiatif itu sangat didorong dalam suatu management bagaimana kita bisa proaktif, kita bisa inovatif, bagaimana kita bisa mengambil risiko,” terang Wagub Sandiaga.

Namun, Wagub Sandiaga menyarankan inisiatif tersebut sebaiknya didiskusikan terlebih dulu dengan jajaran Pemprov DKI Jakarta, dari Kepala Dinas hingga Gubernur dan Wakil Gubernur, agar kebijakan dapat diimplementasikan dengan baik, dengan memperhatikan berbagai aspek.

Berdasarkan informasi dari Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta, pemasangan pohon hias di 48 titik dilakukan pada tanggal 28-29 Mei 2018. Pohon hias merupakan barang inventaris aset milik Sudin Perindustrian dan Energi yang dibeli pada Tahun Anggaran 2017 untuk menghias kota pada hari-hari besar dan event.

To Top