Komunitas

LSKP Gelar Women’s Inspire, Yuna : Sosok Presiden yang Luar Biasa Lahir dari Rahim Seorang Perempuan

Lembaga study kebijakan publik (LSKP) didukung oleh Woman’s Democracy Network dan Internasional Republican Institute dan kerjasama dengan Kaukus Perempuan Sulawesi Selatan serta Kaukus Perempuan Politik Sulawesi Selatan menggelar Woman’s Inspire.

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Lembaga study kebijakan publik (LSKP) didukung oleh Woman’s Democracy Network dan Internasional Republican Institute dan kerjasama dengan Kaukus Perempuan Sulawesi Selatan serta Kaukus Perempuan Politik Sulawesi Selatan menggelar Woman’s Inspire.

Kegiatan yang diadakan tanggal 25 Mei 2021 ini merupakan program yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas perempuan, mengulik kehidupan perempuan dan bagaimana perempuan sebagai sosok inspirasi. Women’s Inspire kali ini adalah Women’s inspire ketiga dan Salah satu dari tiga program lain yang akan dilaksanakan hingga Agustus mendatang.

Acara ini dimulai pada pukul 16.00 WITA dipandu oleh Andi Nurul Annisa Yudha sebagai host dan dilaksanakan secara virtual melalui live streaming di Instagram Lskp.id. Sesuai jadwal, kegiatan dimulai dengan agenda memperkenalkan kegiatan kepada peserta diskusi oleh Host Nisayudha. Women’s inspire kali ini diikuti oleh berbagai kalangan dari followers Yulianar Pratiwi Arief sebagai narasumber maupun dari followers host Andi Nurul Annisa Yudha.

Adapun Yulianar Pratiwi Arief yang akrab dipanggil Yuna pernah menjadi Puteri Sutera Sulawesi Selatan 2013, Top Model Indonesia Sulawesi Selatan 2014, dan Puteri Indonesia Sulawesi Selatan 2016. Selain pernah menggeluti dunia model, beliau juga pernah berkecimpung di dunia politik pada tahun 2017-2018 di Partai Solidaritas Indonesia. Sekarang beliau sudah menjadi seorang ibu dari dua anak dan bergelut di bidang bisnis.

“Perempuan adalah makhluk yang begitu penting dan memiliki pekerjaan yang luar biasa. Bahkan, sosok Presiden yang luar biasa lahir dari rahim seorang perempuan. Hal tersebut memberikan contoh yang besar betapa besarnya peran perempuan dalam masyarakat. Dengan mengikuti kompetisi-kompetisi akan mendorong rasa percaya diri dan tentunya dapat meningkatkan skill,” kata Yulianar Pratiwi Arief.

Yuna spaan akrabnya, tertarik untuk tergabung dengan partai politik karena banyaknya kaum milenial yang tergabung dalam partai politik tersebut, memiliki visi misi yang sangat bagus dalam menyuarakan suara-suara rakyat dan partai tersebut didukung langsung oleh Presiden Joko Widodo. Setelah menikah, beliau meninggalkan dunia politik dan fokus dalam mengurus rumah tangganya.

“Permasalahan patriarki di Sulawesi Selatan bahwa zaman sekarang hal tersebut sudah mulai berkurang dengan melihat hal disekitar kita bahwa banyak pekerjaan yang sudah mulai diisi dengan sosok perempuan. Manajemen waktu menjadi hambatan yang sering dihadapi sehingga perlunya manajemen waktu yang baik agar segala aktivitas tidak menjadi terlambat,” terangnya.

Yuna menjelaskan, untuk mempunyai skill dan manajemen waktu yang baik bisa didapatkan dari lingkungan yang selalu memberikan dukungan. Dukungan keluarga menjadi salah satu motivasi untuk senantiasa menyebarkan positive vibe yang dapat mendorong rasa percaya diri. Selama tergabung dalam partai politik beliau sangat mengedepankan visi kepentingan masyarakat.

“Waktu mengikuti proses Audisi Puteri Sutera Sulawesi Selatan yang diikuti tanpa ada persiapan dan hanya bermodalkan tekad kepercayaan diri. Saya sendiri kaget setelah mengikuti berbagai proses dan pada akhirnya terpilih sebagai Puteri Sutera Sulawesi Selatan 2013 yang pada saat itu diselenggarakan di Sengkang. Setelah terpilih saya sibuk dalam berbagai kegiatan dengan dinas pariwisata,” jelasnya.

Puteri Indonesia Sulawesi Selatan 2016-2017 ini menjelaskan bahwa sibuk mengikuti juri dalam berbagai kegiatan kompetisi dan kegiatan-kegiatan sosial di Kota Makassar. Lewat terpilih sebagai Puteri Indonesia Sulawesi Selatan tentunya memperkenalkan budaya Sulawesi Selatan di Indonesia. kami merasa bangga sebagai orang Sulawesi Selatan dengan motto Siri’ na Pacce yang artinya malu yang tinggi dan juga kuliner khasnya yang sangat digemari. Sebagai kaum milenial tentunya harus memiliki visi yang kuat, terus mengasah skill diri, tekuni passion yang kita sukai dan jangan pernah berhenti untuk terus belajar dengan memanfaatkan teknologi. Komunikasi tentunya menjadi satu skill terpenting bagi perempuan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

“Dalam membangun sebuah usaha harus konsisten, sabar dalam menjalankannya, saling berbagi dari hasil usaha agar keberkahan senantiasa di dalamnya. Bukan hanya tips dalam bidang bisnis tetapi juga dalam mengikuti kontes-kontes tentunya membutuhkan skill. Skill menjadi pondasi yang kuat untuk menjadi hal yang harus diperhatikan dalam mengikuti kompetisi-kompetisi modeling,” tuturnya.

Yuna menambahkan, saya pernah mendapat perkataan miring dari teman karena mengikuti kompetisi-kompetisi modeling yang dipandang sebelah mata. Namun beliau menanggapinya dengan tidak mengindahkan hal tersebut selama hal tersebut masih

Pada akhir sesi, Yuna berharap semakin maju dan semakin memperkuat peran peran perempuan. Sebagai penutup dari beliau mengatakan bahwa niat baik yang dilakukan pastinya akan menghasilkan hal yang positif.

 

 

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top