Internasional

Belasan WNI di Ukraina Belum Dievakuasi, Begini Kata Menlu Retno Marsudi

Foto Invasi ke Ukraina

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Menlu Retno Marsudi menyebut masih ada 13 WNI lagi yang belum dievakuasi keluar dari Ukraina. Empat WNI tersebut berada di Kharkiv dan 9 lainnya berbada di Chernihiv. Ini kendalanya.

“Masih terdapat 4 WNI di Kharkiv dan 9 di Chernihiv, di sebelah utara Ukraina. Mereka belum dapat dievakuasi mengingat pertempuran darat masih terus terjadi. KBRI Kiev dan KBRI Moskow terus melakukan kontak dengan mereka,” kata Menlu Retno dalam keterangan tertulis, Selasa (1/3/2022).

Menlu Retno memastikan 13 WNI tersebut dalam keadaan sehat. Pasokan logistik untuk mereka juga dipastikan mencukupi.

“Pemerintah masih terus menunggu saat yang tepat untuk dapat mengevakuasi mereka,” katanya.

Selain itu, terdapat 24 WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Ukraina karena alasan keluarga. Mereka menikah dengan warga negara Ukraina.

Menlu Retno juga mengungkapkan langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh pemerintah RI. Pemerintah, sebut dia, berencana mengevakuasi para WNI yang berada di dua titik, yakni di Rumania dan di Polandia.

“Langkah selanjutnya, yaitu mengambil jalur udara, untuk mengambil para WNI kita yang berada di dua titik, yaitu 1 titik di Rumania dan 1 titik di Polandia. Saat ini sedang terus dimatangkan,” sebutnya.

Evakuasi WNI yang berada di 2 titik tersebut juga tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru. Menlu Retno menyebut evakuasi akan dilakukan menggunakan pesawat.

“Jadi sekali lagi, setelah para evacuee aman di dua titik tersebut, maka langkah selanjutnya adalah penjemputan dengan pesawat untuk kembali ke Indonesia,” ucap Retno.

Menlu Retno menyebut sebagian besar WNI di Ukraina telah berhasil dievakuasi. Dia juga mengimbau masyarakat melihat situasi di Ukraina secara jernih. Sebab, Ukraina dan Rusia merupakan 2 negara yang bersahabat dengan Indonesia.

“Kita harus melihat situasi yang berkembang di Ukraina ini secara jernih. Ukraina dan Rusia adalah sahabat dekat Indonesia. Indonesia ingin membangun persahabatan yang lebih kuat dengan kedua negara tersebut,” kata Menlu Retno.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan perkembangan terbaru evakuasi WNI dari Ukraina. Kemlu menyebut ada 99 orang WNI yang telah dievakuasi keluar dari Ukraina.

“Jumlah total yang telah berada di luar Ukraina adalah 99 WNI dan lima WNA yang merupakan keluarga dari WNI kita,” kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangan tertulis, Selasa (1/3).

sumber : detik.com

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });